• Selasa, 5 Juli 2022

Kabareskrim Polri Imbau Laki-Laki Tak Malu Melapor Jika Alami Kekerasan Seksual

- Rabu, 18 Mei 2022 | 19:00 WIB
Kabareskrim Polri Imbau Laki-Laki Tak Malu Melapor Jika Alami Kekerasan Seksual (Mabes Polri)
Kabareskrim Polri Imbau Laki-Laki Tak Malu Melapor Jika Alami Kekerasan Seksual (Mabes Polri)

STRATEGI.ID-Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengimbau laki-laki tak malu untuk melapor apabila mengalami kekerasan seksual. Hal ini disampaikan dalam webinar bertajuk 'Peran Perempuan dalam Penanganan Secara Komprehensif Kasus Kekerasan Seksual pada Perempuan dan Anak' melalui akun YouTube Bhayangkari.

"Seharusnya tidak malu untuk melaporkan, karena sesungguhnya kalau ini dilaporkan akan ada keseimbangan," kata Agus dalam keterangannya, dikutip Rabu (18/5/2022).

Agus menuturkan, hadirnya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) bukan hanya berlaku bagi korban perempuan dan anak-anak saja.

Agus menjelaskan, siapa saja bisa menjadi korban kekerasan seksual. Terusuk juga kaum laki-laki.

Baca Juga: Ambisi Gelandang Lawas Borneo FC

"Yang menjadi korban sesungguhnya tidak hanya perempuan dan anak, tapi juga bisa kaum laki-laki menjadi korban kekerasan," katanya.

Lebih lanjut Agus memahami, korban kekerasan seksual yang tepublikasi berasal dari kaum perempuan dan anak-anak. Namun Agus menekankan bahwa setiap gender dapat menjadi korban kekerasan seksual.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi meneken Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS). Beleid itu terdaftar dengan Nomor 12 Tahun 2022 tentang TPKS yang berisi 93 pasal.

Baca Juga: Puan Maharani: Pemerintah Agar Bertindak Cepat Atasi PMK Demi Kelancaran Rantai Pasok Daging Saat Idul Adha

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Sumber: Mabes Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Akan Bentuk Komisi Banding Kode Etik

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:15 WIB
X