• Selasa, 5 Juli 2022

Kasad Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

- Kamis, 19 Mei 2022 | 12:00 WIB
Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi penampungan pompa hidram yang terdapat di Desa Noelbaki, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan pemukiman eks Timor Timur, pada Rabu sore (18/05/22) (dispendad)
Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi penampungan pompa hidram yang terdapat di Desa Noelbaki, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan pemukiman eks Timor Timur, pada Rabu sore (18/05/22) (dispendad)

STRATEGI.ID - Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi penampungan pompa hidram yang terdapat di Desa Noelbaki, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan pemukiman eks Timor Timur, pada Rabu sore (18/05/22).

Peninjauan tersebut dilakukan di hari pertama kunjungan kerja Kasad ke wilayah Kodam IX/Udayana, tepatnya di wilayah NTT.

Sebelumnya Kasad melaksanakan kegiatan penanaman jagung di Desa Silu, Kecamatan Fatuleu, Kupang. Kasad juga dijadwalkan untuk menerima gelar adat dari Kerajaan Sonbai pada malam harinya.

Baca Juga: Garuda Muda Siap Hadapi Thailand

Kedatangan Kasad beserta rombongan di Desa Noelbaki disambut meriah oleh perangkat desa dan masyarakat sekitar. Para tetua adat setempat bahkan telah mempersiapkan prosesi adat yang diperuntukkan kala menerima tamu kehormatan.

Prosesi tersebut diawali dengan pemberian/penyematan kain khas NTT kepada Kasad beserta rombongan, dilanjutkan dengan penampilan tarian daerah yang dibawakan oleh para remaja putri.

Selanjutnya, Kasad menyalami satu-persatu tokoh masyarakat dan perangkat desa. Para mantan pejuang kemerdekaan yang tinggal di wilayah tersebut juga terlihat hadir menyambut Kasad.

Mereka berjajar rapi, lengkap dengan seragam dan baret, serta badge Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) tersemat di pundak, siap menerima jabat tangan dari Kasad.

Baca Juga: Marc Klok Tak Gentar Hadapi Thailand

Sementara itu, dalam sambutannya di lokasi penampungan pompa hidram, Kasad kembali menyampaikan pentingnya program TNI AD Manunggal Air untuk terus digalakkan oleh satuan TNI AD di daerah, terutama hingga ke pelosok desa. Sebab, program ini adalah implementasi 8 Wajib TNI, serta sejalan dengan Perintah Harian Kasad yang Kelima dan Keenam.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Akan Bentuk Komisi Banding Kode Etik

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:15 WIB
X