• Minggu, 4 Desember 2022

Bersama Wanita Hebat Indonesia Wakapolda Sumut Dorong Pengakuan UNESCO Kebaya Milik Wanita Nusantara

- Senin, 29 Agustus 2022 | 22:05 WIB
Ribuan wanita berbagai kalangan di Sumut gelar kirab kebaya goes to unesco di Medan (Angga)
Ribuan wanita berbagai kalangan di Sumut gelar kirab kebaya goes to unesco di Medan (Angga)

STRATEGI.ID - Kepolisian Daerah Sumatera Utara bersama Forkopimda Sekabupaten Kota Sumatera Utara menggelar parade kebaya Nusantara di Lapangan Banteng Jalan Pengadilan Kota Medan, pada Minggu (29/08/22).

Mewakili Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si., yang sedang meninjau banjir bandang di Kabupaten Toba, Wakapolda Sumatera Utara Brigjen. Pol. Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si., mensupport langsung parade ini demi mendorong pengakuan UNESCO terhadap warisan Nusantara.

“Parade Berkebaya Nusantara Goes To Unesco ini, kita menunjukan pada dunia, bahwa kebaya adalah milik budaya Nusantara Indonesia. Kita semua patut berbangga, karena kebaya ini adalah busana Nusantara yang selalu melekat pada kaum kaum wanita yang ada di Nusantara,” ujar Wakapolda.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan 60 Persen Produksi Alat Kesehatan Gunakan Komponen Lokal

Terpantau, parade kabaya ini dilaksanakan dengan parade berjalan kaki yang dilakukan sekira 10.000-an perempuan hebat Sumut mengelilingi seputaran Lapangan Benteng inti Kota Medan. Diantara 10.000 itu, sudah termasuk Ketua Bhayangkari Polda Sumut dan Polwan berkebaya beserta jajaran mensukseskan parade.

Pada kegiatan ini rangkaian acara Parade, peserta yang menggunakan pakaian kebaya beriringan berjalan mengelilingi Lapangan Benteng dengan membawa bendera dan berkelompok sesuai dengan daerah masing-masing sambil diiringi dengan lagu daerah.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan sekitar 66 tannent UMKM yang menyajikan makanan, minuman, aksesoris hingga oleh-oleh khas Medan.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan 4 Warga di Mimika

Melalui event ini, Wakapolda Sumut berharap wanita-wanita hebat Indonesia bersatu, dan menunjukkan bahwa kebaya adalah milik wanita wanita indonesia. “benar, ini semua mendorong, pengakuan diri kita kepada UNESCO bahwa kebaya itu milik indonesia,” kata Wakaopolda.

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Setujui Laksamana Yudo Sebagai Calon Panglima TNI

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:30 WIB

Ini Daftar Panglima TNI di Era Presiden Jokowi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:07 WIB

Ini Profil Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:45 WIB
X