Sesuai Instruksi Presiden, Menlu: Pemerintah Tindaklanjuti Hasil KTT G20 Secara Detail

- Senin, 28 November 2022 | 22:09 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) memberi keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 28 November 2022.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) memberi keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 28 November 2022.

STRATEGI.ID - Pemerintah akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai pada KTT G20 secara detail. Dan hasil kesepakatan yang diraih selama penyelenggaraan G20 sangat banyak.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pelaksanaan G20, di Kantor Presiden, Senin, 28 November 2022.

"Seperti pada saat kita melakukan 'Gawe' KTT G20 ini akan menjadi kerja keroyokan bareng-bareng untuk menindaklanjuti. Nanti akan ada beberapa orang yang ditugaskan untuk mengawal," ujar Menlu.

Baca Juga: Presiden Tugaskan Menteri Segera Tindaklanjuti Hasil Konkret KTT G20

Retno mengungkapkan, setiap selesai menyelenggarakan perhelatan, Presiden Jokowi selalu meminta jajarannya untuk menindaklanjuti hasil dari gelaran tersebut.

“Ini betul-betul gaya Bapak Presiden bahwa setelah semua perhelatan selesai, maka selalu kami-kami ditagih dengan tindak lanjutnya,” ujarnya.

Menlu berujar, Presiden telah menugaskan beberapa menteri untuk menindaklanjuti hasil KTT G20. Tindak lanjut tersebut meliputi sisi ekonomi, investasi, maupun politik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tugas menindaklanjuti hasil di bidang investasi. Menlu sendiri menindaklanjuti urusan politik.

Baca Juga: KSAL Sematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR Puan Maharani

Selain itu, ada pula kerja sama bersifat umum di luar isu investasi dan politik. Hal ini akan ditindaklanjuti oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Halaman:

Editor: Berry Nuryaman Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X