• Minggu, 19 September 2021

Pegawai BPN Mantan Aktivis 98 Menjadi Korban Jual Beli Jabatan Mafia Tanah

- Sabtu, 11 September 2021 | 06:30 WIB
Ada Indikasi Mafia Tanah, Pegawai BPN Mantan Aktivis 98 Mejadi Korban Jual Beli Jabatan (Dok Facebook manaek)
Ada Indikasi Mafia Tanah, Pegawai BPN Mantan Aktivis 98 Mejadi Korban Jual Beli Jabatan (Dok Facebook manaek)

STRATEGI.ID - Gerakan Nasional 98 menilai menteri ATR/BPN Sofyan Djalil gagal menjalankan perintah presiden Jokowi untuk memberantas mafia tanah dan melakukan land reform untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Di tangan Sofyan Djalil, Kementerian ATR/BPN yg cenderung masih mempertahankan budaya ORBA yg elitis dan tidak berpihak kepada kepentingan rakyat, dan kasus perampasan tanah semakin banyak,  laporan korban perampasan tanah tidak diselesaikan" ujar Ketua Gerakan Nasional 98 Anton Aritonang.

Anton mengungkapkan, diganjalnya karir ASN Manaek Hutabarat yang juga Mantan Aktivis 98 dari Institue Perbanas adalah upaya sistematis dan terstruktur agar oknum BPN tetap bisa bermain untuk kepentingan mafia tanah, dan membiarkan korban perampasan tanah terlunta-lunta.

Baca Juga: DPD RI Apresiasi Pembentukan BPN, Jokowi Menunjukan Keberanian Moral Politiknya

Ini jelas bertentangan perintah Jokowi untuk berantas mafia tanah dan korban perampasan tanah diberikan haknya. Manaek, salah satu pegawai BPN yang mendukung para korban mendapatkan hak tanah mereka. Kenapa justru diganjal kartunya?"tambahnya.

Karena itu, lanjut Anton, Gerakan Nasional 98 mendesak presiden Jokowi memecat Sofyan Djalil agar program land reform terwujud dan mafia tanah bisa diberantas habis.

Kasus ini muncul setelah Kepala Seksi Penataan Pertanahan unit kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Manaek Tua Hutabarat SE,S.Kom, M.Si merasa dihalangi dalam usaha dia untuk ikut suksesi seleksi pengisian jabatan administrasi di lingkungan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN).

Baca Juga: Menunggu Tanggapan Presiden, Korban Mafia Tanah Sambangi Menkopolhukam dan BPN/ATR

Keberatan itu dibuktikan Manaek dengan adanya surat dari Kementerian ATR/BPN No: Kp.01.03/1056-100.2/VIII/2021 tertanggal 26 Agustus 2021 perihal pemanggilan peserta untuk pengisian kelompok rencana suksesi dalam seleksi jabatan administrasi di lingkungan Kementerian ATR/BPN 2021 yang ditandatangani Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian.

Baca Juga: 11 Pejabat BPN Yang Terlibat Mafia Tanah di Mutasi, Banyak Korban Bingung Harus Mengadu Kesiapa Lagi?

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X