• Minggu, 28 November 2021

Komedi Satire, ‘Persembahan’ Komika untuk Mereka yang Maling Uang Rakyat

- Sabtu, 11 September 2021 | 10:00 WIB
Komika Kiki Saputri memainkan komedi satire dalam acara Rapor Pak! Trans7 (Kanal YouTube Trans7 Official)
Komika Kiki Saputri memainkan komedi satire dalam acara Rapor Pak! Trans7 (Kanal YouTube Trans7 Official)

STRATEGI.ID – Komedi satire, genre komedi yang digunakan untuk menyindir penguasa. Tidak ada yang mengetahui pasti, kapan komedi satir pertama dipertunjukan. Namun komedi satire bukanlah hal yang baru dalam dunia komedi. Komedian senior H. Alfiansyah Bustami alias Komeng dalam beberapa kesempatan kerap menyampaikan komedi satire diprakirakan sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu.

Menurut Komeng, pada zaman kerajaan komedi satire digunakan untuk memnginformasikan kepada penguasa bahwa ada sesuatu hal yang kurang di wilayahnya. Komedi tersebut disampaikan dengan kiasan, dan penguasa akan menangkap informasi itu untuk kemudian dicek ke lapangan guna ditindaklanjuti.

Baca Juga: OTT Probolinggo, H.Firli Bahuri: KPK Tahan 5 Tersangka Termasuk Bupati dan Anggota DPR RI

Belakangan komedi satire kembali dipertontonkan kembali di tengah maraknya aksi maling uang rakyat yang dilakukan oknum pejabat kelas kroco sampai ke pejabat sekelas menteri. Di tengah pandemi COVID-19, setidaknya sudah ada dua menteri yang harus menggunakan rompi orange gara-gara diduga maling uang rakyat. Eddy Prabowo dan Juliari Batubara, adalah dua mantan pembantu Presiden Joko Widodo yang harus terhenti karirnya karena ditangkap KPK.

Baca Juga: Bersama Komisi 3 Menkes Sepakati Akurasi Data Penerima Bansos

Sederat oknum pejabat di daerah pun tak luput dari jerat hukum, saat ketahuan maling uang rakyat. Hal tersebut membangkitkan hasrat para komika stand up coemdian untuk memainkan komedi satire untuk menyindir oknum-oknum pejabat tersebut. Mulai dari Marshel Widianto sampai Kiky Saputri, menyentil tindakan maling uang rakyat yang dilakukan oknum pejabat.

Baca Juga: Rakyat Mendukung KPK untuk Tetap Memberhentikan 56 pegawai KPK yang Gagal TWK

Sebulan lalu (10/08/21), Marshel melalui akun Instagram-nya @marshel_widianto menyindir mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara maling uang rakyat melalui pengadaan dana bantuan sosial (Bansos) yang dipotong Rp10.000. Dan yang terbaru, adalah satire yang dimainkan oleh Kiky Saputri juga kembali menyasar Julianri Batubara pada acara Lapor Pak! Trans7 beberapa waktu lalu.

Kiki mendengarkan kisah Gitaris Dewa Budjana yang mengaku pernah mencuri uang neneknya sebesar Rp10.000, tetapi dimaafkan. Menurut Kiki wajar dimaafkan kalau cuma satu kali. Lanjut, Kiki menyindir yang tidak dapat dimaafkan adalah kasus seperti yang dilakukan rampok dana Bansos COVID-19.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Sumber: Kanal YouTube Trans7 Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X