• Selasa, 19 Oktober 2021

Keberhasilan Komunikasi Pemerintah Dalam Penurunan Angka Penderita Covid-19

- Minggu, 12 September 2021 | 15:00 WIB
Keberhasilan Komunikasi Pemerintah Dalam Penurunan Angka Penderita Covid-19 (Dok:Pribadi)
Keberhasilan Komunikasi Pemerintah Dalam Penurunan Angka Penderita Covid-19 (Dok:Pribadi)

STRATEGI.ID - Penurunan tren positif angka penderita Covid-19 di Indonesia membawa kabar baik bagi berbagai sektor di Indonesia yang diharapkan perlahan mulai bangkit sebagaimana mestinya. Penurunan ini tentu saja sebagai bukti adanya partisipasi dan keterlibatan elemen masyarakat yang mendukung program pemerintah.

"Harus diakui penurunan tren positif angka penderita Covid-19 sebagai bukti bahwa masyarakat sadar dan ikut berpartisipasi dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19 ini," ujar Dosen Ilkom UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Musfialdy, kepada Strategi.id, Minggu (12/9/21).

Baca Juga: Diskusi Yon D Brimob PMJ - SMSI Bekasi Raya: Perangi Hoax, Percepat Penurunan Covid-19, Bangun Kampung Tangguh Wisata Situ Rawabinong

Musfialdi menyebutkan, pesan-pesan yang dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui PPKM yang diberi level 3 atau 4 tersebut mampu menghimbau para pemangku kepentingan untuk ikut mentaati dan menjalankan. "Artinya PPKM walaupun diawalnya sedikit mendapat kritikan tetapi melalui kesiapan pemerintah dapat berjalan dengan baik," ujar Musfilady.

Menurut Musfialdi, terlihat ketika PPKM diberlakukan pemerintah bersamaan mengeluarkan kebijakan tentang bantuan sosial baik berupa pemberian bantuan sembako, bantuan langsung tunai, program keluarga harapan. Sehingga secara pararel dapat berjalan baik pelaksanaan, pengaturan dan tindakan juga bersamaan.

Baca Juga: Penanganan Covid-19 Membaik, PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang hingga 6 September 2021

"Paling penting program vaksinasi juga gencar dilakukan di berbagai tempat dengan keterlibatan berbagai pihak untuk menjadi sentra-sentra vaksin seperti TNI, Kepolisian, Kampus, Ormas, Komunitas bersama-sama melakukan sehingga secara terukur mampu menekan laju penularaan Covid-19 ini," jelas Musfialdy.

Dari sisi komunikasi, pemerintah memberikan himbaun dan sosialisasi secara massif tetapi juga melakukan program vaksinasi secara besar-besaran untuk semua masyarakat. "Ini penting buat publik, bahwa ketika ada kebijakan yang mengatur soal kegiatan masyarakat, tetapi secara pasti mereka juga harus diurusi terutama yang menyangkut kebutuhan riil sehari-hari," tegas Musfialdy.

Baca Juga: Bertemu Pimpinan Partai Koalisi, Presiden Beberkan Angka Penanganan COVID 19

Baca Juga: Penanganan COVID-19 di Jabar Membaik, Ridwan Kamil Minta Vaksinasi Dipercepat

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X