• Minggu, 19 September 2021

Bamsoet Presiden 3 Periode Prematur, Romo Benny Hanya Ilusi Semata

- Rabu, 15 September 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi kegaduhan wacana presiden 3 periode. /Pixabay/Bruno Germany (Pikiran Rakyat)
Ilustrasi kegaduhan wacana presiden 3 periode. /Pixabay/Bruno Germany (Pikiran Rakyat)

STRATEGI.ID - Wacana soal amandemen terbatas UUD 1945 yang sempat dilontarkan oleh Bambang Soesatyo (Bamsoet) agar MPR Kembali memiliki kewenangan menetapkan pedoman pembangunan nasional melalui Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN) gencar tersiar.

Isu ini muncul lantaran Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bamsoet menyampaikan ihwal tersebut pada sidang tahunan MPR 16 Agustus 2021 lalu.

Bamsoet menilai tudingan bahwa amendemen UUD NRI 1945 untuk perpanjangan periodisasi jabatan presiden menjadi 3 periode, merupakan wacana yang prematur.

Baca Juga: BNN Kabupaten Bontang Mengungkap Jaringan Narkoba dengan Barang Bukti 1,2Kg Sabu

Lagipula dari segi politik, hal tersebut juga sulit terjadi. Mengingat partai politik sudah bersiap menghadapi Pemilu 2024 dengan mengusung calon presidennya masing-masing.

"Di internal MPR RI sendiri, dari mulai Komisi Kajian Ketatanegaraan, Badan Pengkajian MPR, hingga tingkat pimpinan MPR, tidak pernah sekalipun membahas wacana perpanjangan periodisasi presiden menjadi tiga periode. Rencana MPR RI melakukan amandemen terbatas hanya untuk menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), bukan yang lain," ujar Bamsoet dalam Webinar yang diselenggarakan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PP Muhammadiyah, secara virtual dari Bali, Senin (13/9/21).

Baca Juga: Mahasiswa Agar Terus Memupuk Nasionalisme Dengan Nilai-Nilai Pancasila

Melihat hal ini Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo memberikan tanggapan mengenai isu soal amandeman dan wacana 3 periode hanyalah ilusi semata.

"Isu amandeman hanya ilusi karena jelas dipakai pihak tertentu untuk menggiring opini masyarkat," Romo Benny lewat percakapan singkat (14/9/21)

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X