• Minggu, 19 September 2021

Bintang Puspayoga: Tontonan Adalah Tuntunan bagi Anak, Sayang Tayangan Ramah Anak Minim di Indonesia

- Rabu, 15 September 2021 | 16:30 WIB
Menteri Bintang Puspayoga sayangkan Montanan untuk Anak minim di Indonesia (https://www.kemenpppa.go.id/)
Menteri Bintang Puspayoga sayangkan Montanan untuk Anak minim di Indonesia (https://www.kemenpppa.go.id/)

STRATEGI.ID – Pesatnya perkembangan teknologi informasi digital, tak serta merta menggantikan televisi dengan media arus baru seperti YouTube. Nyatanya masih banyak penikmat televisi di Indonesia, termasuk anak-anak. Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA). Bintang Puspayoga tontonan adalah tuntunan bagi anak, karena mereka adalah peniru yang ulung.

Baca Juga: Banyak Siswa Belum Terbiasa Prokes, Gubernur Jawa Tengah Minta Patroli Satgas Covid Diintensifkan

Akan tetapi, Bintang Puspayoga menyayangkan fakta yang ada di lapangan, saat ini masih minim sekali media elektronik, termasuk televisi yang memberikan tayangan khusus bagi anak-anak. Kondisi ini membuat anak-anak minim pilihan saat ingin menikmati tayangan yang sesuai dengan usia mereka, alhasil mereka beralih menonton genre film yang tidak sesuai dengan usianya. 

“Hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa segmentasi anak dinilai membosankan atau tidak komersil,” ujar Menteri Bintang dalam siaran pers bernomor Siaran Pers Nomor: B-334/SETMEN/HM.02.04/09/2021 yang dipublikasikan pada laman web Kementerian PPPA, Rabu (15/09/21).

Baca Juga: Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

Menteri yang kerap dipanggil Menteri Bintang itu menilai penyediaan sarana informasi dan edukasi yang berkualitas bagi anak, tidak dapat dihitung dengan nilai rupiah. Justru terdapat keuntungan jika menjamin tumbuh kembang anak yakni membentuk generasi muda dengan karakter yang tangguh, cerdas, dan berkualitas, sebagai calon pemimpin bangsa.

Ia berpendapat dibutuhkan upaya bersama untuk menghadirkan tayangan yang ramah anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (Kemen PPPA) dan KPI dalam hal ini terus bekerja sama dalam menjamin tayangan yang berkualitas bagi anak Indonesia

Baca Juga: KPAI: Orangtua Terpapar COVID-19 Perlu Lakukan Mitigasi Resiko, Demi Pengasuhan Anak-anak

“Kami juga memberi masukan atas revisi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), yang juga menekankan bahwa lembaga penyiaran wajib memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak dan/atau remaja. Marilah kita bersama-sama wujudkan prinsip dan tujuan Televisi Ramah Anak sebagai ujung tombak pemenuhan hak dan perlindungan anak,” uangkap Menteri Bintang.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Sumber: Rilis Kementerian PPPA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X