• Minggu, 19 September 2021

Puan Maharani: Lindungi Rakyat dari Potensi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

- Rabu, 15 September 2021 | 17:35 WIB
Puan: Jangan Kendor Walau Penularan Covid-19 Terus Melandai  (Ist)
Puan: Jangan Kendor Walau Penularan Covid-19 Terus Melandai (Ist)

STRATEGI.ID - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta pemerintah melakukan berbagai langkah mitigasi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

Hal ini menyusul peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai potensi terjadinya cuaca ektrem di sejumlah wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia yang berlaku sejak 14-20 September 2021.

Baca Juga: Puan Ajak Negara Maju Bantu Negara Berkembang Soal Pengurangan Emisi

Hasil analisa BMKG menyebutkan, cuaca ekstrem terjadi akibat mulai aktifnya sejumlah fenomena dinamika atmosfer yang melewati wilayah Indonesia seperti Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin.

Fenomena-fenomena dinamika atmosfer tersebut mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas.

Puan mengharapkan kesiapan seluruh jajaran pemerintah dalam menghadapi potensi bencana dampak dari cuaca ekstrem akibat berbagai fenomena alam itu.

Baca Juga: Puan Maharani : Pentingnya Mewujudkan Mimpi Indonesia Emas 2045

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus melakukan mitigasi bencana hidrometeorologi sebagai langkah upaya penyelamatan rakyat dari potensi bencana,” ujarnya dalam rilis yang diterima rekan media, Rabu (15/09/21).

Lebih lanjut, Puan juga mengingatkan agar seluruh instansi/lembaga di daerah saling bersinergi dengan baik untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X