• Minggu, 19 September 2021

Ketua Umum BPNEI Khairul Mahalli Soroti Merger Pelindo 1,2,3 dan 4

- Rabu, 15 September 2021 | 19:50 WIB
Ketua Umum BPNEI Khairul Mahalli Soroti Merger Pelindo 1,2,3 dan 4 (dok.BPNEI)
Ketua Umum BPNEI Khairul Mahalli Soroti Merger Pelindo 1,2,3 dan 4 (dok.BPNEI)

STRATEGI.ID - Jakarta - Ketua umum Badan Nasional Peningkatan Ekspor Indonesia (BNPEI) Khairul Mahalli angkat suara perihal merger pelindo 1,2,3 dan 4, dalam pernyataannya yang diterima redaksi pada hari senin (13/09/21) siang.

khairul menyampaikan bahwasnya merger Pelindo 1,2,3,4 bisa menimbulkan dampak positif dan negatif bila dilihat dari sisi tupoksi pemberi dan pengguna jasa.

Menurutnya merger tidak menimbulkan adanya persaingan dalam sisi pelayanan dan biaya, yang berdampak terhadap daya saing produk ekspor Indonesia dengan negara lain.

Baca Juga: Kok Bisa Masyarakat Terpapar Covid-19, Terdeteksi Di Ruang Publik

Ketua Umum KADIN Sumatera Utara tersebut juga menilai bahwa merger ini harus dibahas dengan semua stake holder khususnya pemakai jasa kepelabuhanan.

"Harus ada tolak ukur yang jelas untuk merger ini".

Bahwa sampai saat ini belum ada sosialisasi yang jelas tentang program merger ini kepada kami sebagai pelaku usaha ekspor yang konkrit. Ungkap Khairul.

Baca Juga: Puan Maharani: Lindungi Rakyat dari Potensi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

Merger ini berindikasi total monopoli meskipun saat ini pelindo 1,2,3,4 BUMN, jadi seharusnya pengusaha di daerah juga turut dilibatkan dalam pengambilan keputusan tersebut, sehingga tidak terkesan semena-mena karena milik negara, bebernya.

Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia menyampaikan bahwasanya setiap pelabuhan mempunyai kekhususan dan tetap mempunyai produk-produk kearifan lokal yang perlu mendapatkan pertimbangan dari operator pelabuhan.

Halaman:

Editor: Margaretha Danti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X