• Rabu, 20 Oktober 2021

Indonesia Berpengaruh Besar Dalam Penanganan Pandemi Global

- Jumat, 17 September 2021 | 19:00 WIB
Indonesia Berpengaruh Besar Dalam Penanganan Pandemi Global (Dok:Satgas Covid-19)
Indonesia Berpengaruh Besar Dalam Penanganan Pandemi Global (Dok:Satgas Covid-19)

STRATEGI.ID - Sebagai bangsa yang memiliki 3,5% dari populasi dunia, dan luas wilayah melebihi wilayah Eropa Barat, Indonesia memiliki peran penting di tingkat dunia dalam upaya bersama menuntaskan pandemi Covid-19. 

Meski demikian, ada tantangan yang dihadapi Indonesia. Karena, secara populasi, Indonesia berisiko berkontribusi cukup besar dalam kasus dunia. Selain itu, banyaknya pintu masuk pendatang juga menjadi tantangan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kunci Menggerakkan Ekonomi adalah Pengendalian Covid-19

"Namun, jika Indonesia mampu mengendalikan COVID-19 dengan baik, maka akan memberi pengaruh besar dalam pengendalian COVID-19 secara global," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam International Press Brifieng secara virtual di Graha BNPB, Kamis (16/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Dalam penanganan pandemi, Indonesia melakukan pengendalian secara berlapis dan memberikan hasil yang luar biasa terutama dalam menekan kasus Covid-19 nasional. Kebijakan berlapis tersebut antara lain mengatur pelancong internasional, pelancong domestik, dan mengendalikan aktivitas orang di rumah, bepergian, atau saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Kapolri Minta Strategi Pengendalian Covid-19 di Bali Diperkuat Agar Ekonomi Terus Tumbuh

Terlepas dari pencapaian yang sangat baik ini, Indonesia percaya bahwa Covid-19 tidak akan hilang sepenuhnya dalam waktu singkat. Dinamikanya tetap ada mengingat negara lain masih berjuang menekan laju penularan. Agar keberhasilan pengendalian Covid-19 tidak bersifat sementara, pemerintah telah menyusun peta jalan yang merupakan strategi antisipatif dan landasan tatanan kehidupan baru masyarakat. 

Hal ini melalui pengendalian dengan kebijakan PPKM yang dinamis sesuai data dan fakta di lapangan. Kebijakan PPKM Terus diperbaharui dan saat ini dengan  Instruksi Kementerian Dalam Negeri No 42 Tahun 2021. Adanya peta jalan ini, tidak hanya dibuat untuk menekan penularan COVID-19 tetapi juga mendorong produktivitas masyarakat yang terkendali. Dan fokus Pemerintah kedepan mengurangi angka kematian hingga kurang dari 2%, kasus aktif kurang dari 100.000 kasus, dan angka kasus positif kurang dari 5%.

Baca Juga: Wamenkes Dorong Pemda Lakukan Terobosan untuk Percepat Vaksinasi Bagi Masyarakat Rentan

Terkait vaksinasi, menjadi satu pilar dalam pengendalian Covid-19 di Indonesia. Pemerintah pusat atas perintah Presiden secara resmi menjadikan cakupan vaksinasi per daerah sebagai syarat penurunan level PPKM daerah. Syarat ini juga dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi nasional yang saat ini telah melampaui 24% dari target yang ditetapkan oleh WHO.

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X