• Rabu, 20 Oktober 2021

Komisi V: Jangan Ada Lagi Siswa Kedinasan Meninggal Akibat Perkelahian dan Perundungan

- Sabtu, 18 September 2021 | 17:55 WIB
Komisi V: Jangan Ada Lagi Siswa Kedinasan Meninggal Akibat Perkelahian  (Ist)
Komisi V: Jangan Ada Lagi Siswa Kedinasan Meninggal Akibat Perkelahian (Ist)

STRATEGI.ID - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Arwani Thomafi meminta Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang untuk segera melakukan pembenahan secara sistematis akibat dari adanya tragedi meninggal siswa PIP Semarang akibat perkelahian dan perundungan.

Ia juga mengatakan, hal ini juga menjadi peringatan untuk seluruh sekolah kedinasan di Indonesia agar terus melakukan pemantauan terhadap siswa secara berkala.

Hal tersebut disampaikannya kepada Parlementaria usai memimpin Tim Kunspek Komisi V DPR RI ke PIP Semarang, Jawa Tengah, Jumat (17/09/21).

Baca Juga: Perundungan dan Pelecehan Pegawai KPI Menjadi Atensi

Arwani memahami betul mengenai pembinaan dasar yang dilakukan pihak sekolah terhadap siswa baru. Namun, ia pun menginginkan ada solusi guna atasi tradisi sub-kultur kekerasan pada sekolah kedinasan yang memang dianggap telah mendarah daging.

“Kita sangat prihatin dengan kejadian meninggalnya salah satu siswa di PIP. Kunjungan kita kali ini harus menjadi satu momentum untuk berbenah, momentum untuk evaluasi secara menyeluruh semua yang berkaitan dengan pola pengajaran dan komunikasi di PIP. Kita ingin agar tradisi sub-kultur kekerasan yang ada itu bisa kita hilangkan,” terangnya.

Baca Juga: Forum Lingkar Pena Nyatakan Sikap Atas Perundungan dan Pelecehan Seksual di KPI Pusat

Politisi Fraksi PPP ini menerangkan, munculnya kasus seperti ini menciptakan stigma tentang pembenaran bahwa di setiap sekolah kedinasan sering terjadi kasus-kasus kekerasan dengan dalih pembinaan senior terhadap junior.

Untuk itu, ia menyarankan agar sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan ini dapat segera melakukan perubahan secara struktural dan fokus menciptakan sumber daya manusia yang unggul di bidang pelayaran Indonesia.

Baca Juga: Sinergi Virtual Police dengan Gagasan Mimbar Sopan; Upaya Memerangi Konten Hoaks dan Perundungan Siber Ancam Persatuan Bangsa

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X