• Rabu, 20 Oktober 2021

TNI AL Kerahkan 5 KRI, Tidak Ada Ribuan Kapal Perang Asing di Natuna Utara

- Sabtu, 18 September 2021 | 23:30 WIB
Ilustrasi- Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dengan The Republic of Singapore Navy (RSN) (https://tni.mil.id/)
Ilustrasi- Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dengan The Republic of Singapore Navy (RSN) (https://tni.mil.id/)

STRATEGI.ID - TNI AL mengerahkan lima kapal perang (KRI) secara bergantian untuk mengamankan Laut Natuna Utara menyusul kabar mengenai munculnya sejumlah kapal perang China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara, Jumat (17/9/2021).

Dalam konferensi persnya saat mendarat di Bandar udara Ranai, Pangkoarmada I kembali menyinggung tugas TNI AL berdasarkan pasal 9 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Atas dasar tersebut, TNI AL, dalam hal ini Koarmada I, melaksanakan tugas mengamankan perairan Laut Natuna Utara dengan menggelar operasi "Siaga Segara 21".

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan 5 KRI TNI AL  tersebut akan bergantian melakukan patroli sehingga bisa memantau kapal-kapal yang masuk perairan Indonesia.

"Secara bergantian paling tidak ada tiga atau empat KRI berada di laut sementara lainnya melaksanakan bekal ulang," kata Arsyad Abdullah dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Untuk Percepatan Serbuan Vaksinasi, Modif 6 Mobil Ambulance

Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Anadolu Agency dengan judul Koarmada Sebut Kabar Ribuan Kapal Asing Masuk Natuna Utara Tak Berdasar: Cuma Ada Beberapa

, TNI AL juga akan melakukan patroli udara untuk memastikan situasi di Laut Natuna Utara yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

Demikian, Arsyad Abdullah menyatakan TNI AL akan tegas dalam melindungi kepentingan nasional di wilayah Indonesia sesuai ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

"Sehingga tidak ada toleransi terhadap berbagai bentuk pelanggaran di Laut Natuna Utara," kata Pangkoarmada I itu Jumat, (17/09/21),

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X