• Selasa, 19 Oktober 2021

Produk Kerajinan dan Dekorasi Rumah Indonesia Diserbu di Italia

- Minggu, 19 September 2021 | 16:00 WIB
Produk Kerajinan dan Dekorasi Rumah Indonesia Diserbu di Italia (Ilustrasi/ Dok:seputarcibubur/PR)
Produk Kerajinan dan Dekorasi Rumah Indonesia Diserbu di Italia (Ilustrasi/ Dok:seputarcibubur/PR)

STRATEGI.ID - Indonesia kembali memikat pasar internasional dengan produk andalannya. Indonesia berhasil meraup potensi transaksi sekitar Rp2,6 miliar dengan jumlah kontak buyer potensial mencapai 50 perusahaan di pameran produk kerajinan dan dekorasi rumah HOMI 2021, di Milan, Italia.

Keikutsertaan Indonesia di HOMI 2021 yang berlangsung pada 5-8 September 2021 merupakan sinergi Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan bekerja sama dengan Atase Perdagangan Roma dengan menggandeng distributor dekorasi rumah terkemuka Italia Aladdin Srl.

Baca Juga: Bank DBS Indonesia Kembali Gelar SE Bootcamp 2021 Untuk Perkuat Wirausaha Sosial

“Dalam pameran ini Indonesia menampilkan ukiran kayu dan batu, dekorasi rumah, aromaterapi seperti resin dan lilin, serta kerajinan dari bambu dan rotan. Dengan memiliki kualitas yang baik, produk-produk tersebut berhasil menarik perhatian dan minat buyer yang hadir,” jelas Atdag Roma Silvi Charlote Sumanti, dalam siaran persnya, Sabtu (18/9/21).

HOMI merupakan pameran internasional di bidang kerajinan dan dekorasi rumah di Italia yang melibatkan seluruh pihak terkait, mulai dari produsen hingga pelaku distribusi. Pada penyelenggaraannya kali ini, HOMI 2021 menampilkan 300 peserta yang berasal dari 22 negara. Pendiri Aladdin Srl Massimo Vento menyampaikan, dirinya sangat puas terhadap hasil pameran ini.

Baca Juga: ITPC Sydney dan UTS Australia Promosikan Produk Indonesia Berkonsep Storytelling

Produk Indonesia yang merupakan produk yang indah dan unik serta jarang ditemukan di Italia, membuatnya sangat diminati dan diapresiasi di Italia. “Minat pasar pada produk kerajinan akar dan kayu teak amat besar. Kami tetap mendapat banyak permintaan meskipun ada beberapa kendala terkait pengiriman,” ungkap Massimo.

Kepala ITPC Milan Sri Bimo Adhi Yudhono menjelaskan, setelah terhambat pandemi Covid-19 dan penguncian ketat yang ditindaklanjuti vaksinasi besar-besaran, ekonomi Italia kini kembali
berdenyut. Hal ini harus dimanfaatkan Indonesia untuk meraih pasar sebagai salah satu negara penghasil kerajinan berkualitas tinggi. “Terlebih, saat ini pemerintah Italia memberikan potongan harga bagi mereka yang membangun atau membeli rumah. Sehingga, membuat peluang sektor dekorasi rumah semakin besar,” imbuh Bimo.

Baca Juga: Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Tren tahun 2021 dalam bidang desain interior adalah produk ramah lingkungan serta produk yang berkelanjutan. Produk Indonesia memiliki dua karakter tersebut karena terbuat dari bahan alami dan bukan dari bahan buatan atau produk industri kimia. Tahun ini, animo masyarakat terhadap furnitur dan produk untuk beranda, teras, dan pekarangan rumah meningkat tajam karena masih banyak masyarakat yang harus bekerja dari rumah.

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X