• Sabtu, 22 Januari 2022

Puan Maharani: Tetap Jalankan Prokes, Wisatawan Jangan Balas Dendam

- Senin, 20 September 2021 | 19:00 WIB
Puan Maharani Ajak Mahasiswa Bantu Wujudkan Era Baru Kejayaan RI Pasca Covid-19 (https://www.dpr.go.id/)
Puan Maharani Ajak Mahasiswa Bantu Wujudkan Era Baru Kejayaan RI Pasca Covid-19 (https://www.dpr.go.id/)

STRATEGI.ID - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyambut baik industri pariwisata yang mulai berdenyut setelah sejumlah wilayah tempat destinasi wisata berada, mulai turun status ke PPKM Level 3 ke bawah.

Meski demikian, Puan Maharani meminta seluruh pemangku kebijakan waspada terhadap fenomena revenge travel/tourism (balas dendam wisata) agar jangan kontraproduktif terhadap penanganan Covid-19.

Puan Maharani juga bisa memahami adanya revenge travel, dimana banyak orang mungkin suntuk, bahkan stres kurang hiburan selama pembatasan sosial berbulan-bulan, dan kini mau balas dendam pergi jalan-jalan ke tempat wisata. Ini tentu baik bagi wisatawan dan juga industri wisata.

Baca Juga: Puan Ajak Berkabung untuk Pejuang Kemanusiaan Gabriela Maelani

"Tetapi perlu dijaga agar balas dendam wisatawan ini jangan sampai bablas,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya kepada rekan media , Senin (20/09/21).

Selain itu, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI Puan Maharani juga mewanti-wanti pemangku kebijakan wisata, baik pemerintah pusat maupun daerah, pengelola destinasi, hingga wisatawan agar jangan sampai kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

Mulai dari perjalanan sampai ke destinasi wisata, serta di fasilitas-fasilitas pendukung, seperti penginapan, tempat makan sampai toilet.

Baca Juga: Puan Maharani : Jaga Kedaulatan RI , Kapal Perang China Berkeliaran di Laut Natuna

“Jangan sampai kita kecolongan atau abai prokes di titik-titik yang justru rawan penularan. Kalau perlu jangan lepas masker, sekalipun saat berfoto-foto di tempat wisata,” ujar Puan.

Lebih lanjut Puan mengingatkan pengelola tempat wisata untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah terkait kapasitas pengunjung, serta meminta pengelola tempat wisata untuk menerapkan aturan adaptasi kebiasaan baru di tempat wisata dari Kementerian Kesehatan yang mengatur soal perilaku hidup sehat di objek wisata, kebersihan lingkungan, toilet, hingga sirkulasi udara.

Halaman:

Editor: Bobby San

Sumber: Dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update DPR RI, Anggota Baleg Kritisi RUU KSDDAHE

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:15 WIB

Kader Muda Cantik Demokrat Tersandung Korupsi Termuda

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:57 WIB
X