• Kamis, 21 Oktober 2021

Pentingnya Verifikasi Vaksinasi PeduliLindungi Memudahkan Mengakses Fasilitas Publik

- Rabu, 22 September 2021 | 07:40 WIB
Pentingnya Verifikasi Vaksinasi PeduliLindungi Memudahkan Mengakses Fasilitas  (Dok pribadi)
Pentingnya Verifikasi Vaksinasi PeduliLindungi Memudahkan Mengakses Fasilitas (Dok pribadi)

STRATEGI.ID - Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang mendapat vaksin Covid-19 di luar negeri, dapat memperoleh sertifikat vaksinasi yang terintegrasi aplikasi PeduliLindungi. Caranya dengan mengajukan verifikasi di situs web Kementerian Kesehatan di alamat: vaksinln.dto.kemkes.go.id.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, verifikasi ini harus dilakukan WNI dan WNA dengan mendaftar terlebih dahulu. Sehingga dapat mengakses fasilitas publik di Indonesia. Data individu dan vaksinasi akan diverifikasi oleh kementerian kesehatan bagi WNI, dan masing-masing keduataan bagi WNA yang hasilnya akan dikonfirmasi via email.

Selanjutnya, pihak yang mengajukan dapat mendaftar dan login ke aplikasi PeduliLindungi , melengkapi data akun untuk mengaktifkan status vaksinasi dan mendapatkan kartu verifikasi vaksinasi dengan masuk ke web PeduliLindungi.

Baca Juga: Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen Sosialisasikan Pentingnya Aplikasi Pedulilindungi

"Fitur verifikasi ini diharapkan memudahkan WNI dan WNA yang vaksinasi di luar negeri untuk bisa mengakses fasilitas publik dengan aplikasi PeduliLindungi," Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (21/09/21) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Disamping itu, Kementerian Hukum dan HAM telah mengeluarkan Permenkumham No. 34 Tahun 2021. Melalui peraturan ini pemerintah memeberikan pengecualian untuk masuk bagi WNA ke Indonesia.

Pengecualian ini diperuntukkan bagi orang asing pemegang visa kunjungan dan pemegang visa tinggal terbatas. Walaupun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena kebijkana ini alam dilakukan secara hati-hati.

Baca Juga: Yuk Kenali 4 Kriteria Warna pada Aplikasi PeduliLindungi

Menkumham juga memiliki kewenangan untuk melarang dan menolak orang asing dari negara tertentu dengan tingkat penyebaran Covid-19 yang tinggi sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Kemenkes: PeduliLindungi Dapat Digunakan Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB
X