• Kamis, 21 Oktober 2021

Akibat Economic Bubble 'Demam' Uang Rp1000 Kelapa Sawit di Marketplace, Ada Yang Menjual Sampai 100 Juta

- Rabu, 22 September 2021 | 11:00 WIB
Ilustrasi - Demam Uang logan Rp1000 dipasaran ada yang jual 100 juta (Shopee.co.id/rendindhull_01)
Ilustrasi - Demam Uang logan Rp1000 dipasaran ada yang jual 100 juta (Shopee.co.id/rendindhull_01)

STRATEGI.ID - Apabila anda sudah berusia diatas 30 tahun pasti masih ingat di era awal tahun 2000 dengan 'demam'  ikan louhan menjadi ikan yang paling populer, jika sebelumnya ikan yang dianggap mahal adalah arwana, louhan menggantikanya sebagai primadona ikan akuarium saat itu.

Harganya pun tinggi dari yang ratusan ribu bahkan sampai ratusan juta. Fenomena ikan louhan lambat laun menghilang diganti demam tanaman  bernama anthurium, dan untuk menaikkan nilai jualnya dijuluki tanaman gelombang cinta. Tanaman ini harganya sama gilanya dengan tren ikan louhan, harga tanaman ini dari jutaan sampai ratusan juta dan menjadi tanaman wajib bagi orang-orang yang sudah bingung untuk menghabiskan uangnya.

Setelah ‘demam’ ikan dan tumbuhan, berikutnya  masyarakat kita memasuki ‘zaman batu’. Tiada hari tanpa berita atau perbincangan soal batu akik, semua jadi latah ikut-ikutan ‘demam’ batu akik yang tiba-tiba jadi primadona. Harga jual dari pertambangan rakyat melonjak 500 persen.

Baca Juga: Pandemi Membuat Kesenjangan Ekonomi Si Miskin dan Si Kaya Kian Berjarak

Mungkinkah koin uang 1000 ini menjadi merupakan demam berikutnya, dan apabila kita meminjam istilah para ahli ekonomi disebut Economic bubble.

Economic bubble sendiri bisa didifinisikan sebagai suatu kondisi dimana suatu benda dibuat popular oleh pasar dan harga-harganya sangat tergantung oleh hukum permintaan dan penawaran. Harga dibuat perlahan tapi pasti merangkak naik sampai akhirnya menjadi gelembung-gelembung harga yang tinggi.

Pada suatu titik jenuh, pasar tidak akan sanggup lagi menahan harga dan pada akhirnya gelembung itu pecah. Sehingga tibalah benda tersebut pada titik harga terendah.

Baca Juga: Ganjar: Perlu Langkah Persiapan Yang Bagus sebel PTM

Uang 1000 koin yang manakah yang lagi heboh itu, masih ingat uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit?

Dulunya kerap digunakan untuk kerokan, uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit kini kembali jadi perbincangan.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB
X