• Rabu, 20 Oktober 2021

Dukung Kesuksesan PON XX, Satgas Rekomendasikan Penggunaan PeduliLindungi dan Sistem Bubble

- Sabtu, 25 September 2021 | 10:00 WIB
Dukung Kesuksesan PON XX, Satgas Rekomendasikan Penggunaan PeduliLindungi dan Sistem Bubble (Dok setpres)
Dukung Kesuksesan PON XX, Satgas Rekomendasikan Penggunaan PeduliLindungi dan Sistem Bubble (Dok setpres)

STRATEGI.ID - Kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang akan dimulai pada tanggal 2 Oktober 2021 memiliki arti sangat besar bagi Indonesia.

Untuk itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah merumuskan dan memperkenalkan rekomendasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pencegahan penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Dalam rekomendasi 48 halaman ini, manfaat PeduliLindungi dijelaskan bagi atlet, pelatih, ofisial, dan panitia penyelenggara PON XX dan awak media yang meliput,” ujar Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro, dalam keterangan persnya pada Jumat, (24/09/21), di Kantor Presiden, Jakarta.

Baca Juga: Kementerian PUPR: Tiga Venue Tambahan Pendukung PON XX Papua Selesai Akhir Juli 2021

Reisa juga menjelaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi digunakan saat keberangkatan menuju Papua, kedatangan di Papua, keluar masuk venue, dan untuk menyimpan hasil tes Covid-19 untuk perjalanaan datang dan pulang ke lokasi asal atlet.

“Selain itu, Satgas memperkenalkan sistem bubble atau lokasi berkaitan yang diterapkan untuk mengurangi risiko penularan,” jelas Reisa.

Dengan adanya sistem tersebut, peserta tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan di luar rencana aktivitas yang sudah ditentukan dan setiap peserta dalam bubble dipastikan tidak melakukan kontak langsung dengan orang di luar wilayah bubble.

Baca Juga: Menteri PUPR Targetkan Dukungan Prasarana Olahraga PON XX Papua Selesai Akhir Juli 2021

Selain itu, semua perjalanan yang menggunakan transportasi telah disiapkan oleh penyelenggara di dalam wilayah bubble.

Reisa juga menuturkan bahwa berdasarkan penjelasan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, dalam penyusunan buku rekomendasi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan PON XX Papua, Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah berkolaborasi dengan para dokter kesehatan olahraga, akademisi, perwakilan kementerian, dan lembaga terkait.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB

Menparekraf Buka ‘Tour de Gayo’ Di Aceh

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Padangsidimpuan Meraih Penghargaan Kota Layak Anak

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X