• Minggu, 28 November 2021

Penguatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dalam Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular

- Selasa, 28 September 2021 | 11:00 WIB
Penguatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dalam Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Dok pribadi)
Penguatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dalam Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Dok pribadi)

STRATEGI.ID - Ketua HMP FKM UI, Heru Komarudin, S. Kep., Ns menyatakan bahwa HMP FKM UI berkomitmen untuk terus mengikuti perkembangan isu-isu kesehatan yang sedang ramai diperbincangkan.

Pandemi Covid-19 yang dialami saat ini telah memberikan dampak yang cukup luas bagi tatanan pelayanan kesehatan. Dengan adanya virus ini disertai daya tular yang cukup tinggi membuat persoalan kesehatan lainnya menjadi sedikit terhambat.

“Data Kemenkes RI menunjukan pada tahun 2020 terjadi penurunan angka kunjungan pasien ke faskes primer hingga 80%. Kemudian Bapak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada satu kesempatan di media mengatakan tahun 2021 dengan adanya pemanfaatan telemedicine dan juga adaptasi kebiasaan baru yang kita lakukan membuat masyarakat mulai kembali berkunjung ke faskes” kata Heru.

Baca Juga: HMP FKM UI Serahkan Santunan Anak Yatim Lewat Rumah Zakat

Secara langsung, dengan adanya jeda atau penundaan pengecekan kesehatan khususnya pada masyarakat yang memiliki penyakit degeneratif & penyakit tidak menular membuat ini semakin sulit diidentifikasi, persoalan yang jauh sebelum ada pandemi ini sudah menjadi masalah serius yang belum terselesaikan.

Menanggapi hal tersebut, dr. Upik Rukmini, MKM selaku Koordinator Substansi Praktik Perorangan, Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa pada tahun 2020 terdapat banyak program kesehatan yg terabaikan dan mengalami penurunan.

Akhir tahun 2020, mulai mengeluarkan Juknis (Petunjuk Teknis) dan berbagai regulasi untuk Puskesmas dalam melakukan kegiatan tanpa mengabaikan Covid-19 serta protokol kesehatan. Maka dari itu, di tahun 2021 diharapkan mulai dilakukan pemulihan.

Baca Juga: Peduli Program Vaksinasi di Indonesia, HMP FKM UI Menggelar Webinar Zoom ke 2

Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh dr. Surya Dwi Sembada selaku dokter di Puskesmas Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat tentang pengendalian PTM (Penyakit Tidak Menular) belum bisa dimaksimalkan di era pandemi seperti ini. Program tersebut tetap berjalan namun jauh berkurang dari yang seharusnya dikarenakan prioritas Puskesmas ke kegiatan lain, yaitu penanganan Covid-19 beserta program vaksinasi.

Program-program yang sudah direncanakan dan dianggarkan di akhir atau awal tahun, begitu masuk era pandemi, seluruhnya menjadi berubah di pertengahan tahun sehingga program tersebut tetap dilaksanakan namun tidak sesuai dengan apa yg dicanangkan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X