• Sabtu, 22 Januari 2022

Sayed Junaidi Sambut Baik Rencana Jokowi Rehabilitasi Mangrove di Tanah AIr

- Selasa, 28 September 2021 | 23:55 WIB
Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (LAILY_RACHEV/ BPMI Setpres)
Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (LAILY_RACHEV/ BPMI Setpres)

STRATEGI.ID- Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, pada Selasa, 28 September 2021.

Kepala Negara menegaskan, rehabilitasi mangrove ini akan terus dilakukan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi di seluruh Tanah Air. Menurutnya, rehabilitasi mangrove diperlukan karena hutan mangrove dapat menyimpan karbon 4-5 kali lipat lebih banyak daripada hutan tropis daratan sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon.

“Ini meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement, terhadap perubahan iklim dunia dan di 2021 ini kita akan melakukan rehabilitasi mangrove di seluruh Tanah Air sebanyak 34 ribu hektare,” ujar Presiden dalam keterangan pers usai penanaman.

Baca Juga: Jokowi Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Riau dan Kepri

Kegiatan penanaman tersebut merupakan bagian dari rehabilitasi lahan mangrove yang diharapkan dapat memberikan sejumlah keuntungan baik secara ekologi maupun ekonomi.

“Kita harapkan nanti kawasan ini akan bisa kita perbaiki, kita rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi, dalam rangka juga mendukung ekowisata, pariwisata di daerah, dan juga tentu saja kita harapkan juga mendukung ekonomi masyarakat di sekitar kawasan ini,” jelasnya.

Baca Juga: Kirim Surat ke Jokowi, Kapolri Ingin Tarik 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK jadi ASN di Bareskrim

Baca Juga: Dalam Pengembalian Uang Negara, Fahri Hamzah Sebut Kinerja Kejagung Terbaik Dibanding KPK dan Polri

Kegiatan rehabilitasi mangrove di Kabupaten Bengkalis sendiri dilakukan pada lahan seluas 1.292 hektare (tahun 2020 seluas 319 hektare dan tahun 2021 seluas 973 hektare) dengan melibatkan masyarakat lokal. Adapun penanaman mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik, Kabupaten Bengkalis dilakukan pada lahan seluas kurang lebih 7 hektare dari total luasan 100 hektare.

Menangapi kegiatan Jokowi ,Ketua Umum Rembuk Nasional Aktifis 98 Sayed Junaidi Rizaldi M,Si mengapresiasi kedatangan Presiden ke Kabupaten Bengkalis Riau, dan sambutan masyarakat yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update DPR RI, Anggota Baleg Kritisi RUU KSDDAHE

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:15 WIB

Kader Muda Cantik Demokrat Tersandung Korupsi Termuda

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:57 WIB
X