• Kamis, 21 Oktober 2021

Pelantikan Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN Dilaksanakan Hari Ini

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. /Tangkapan layar YouTube/Pemprov Bali (Foto.Dok.Net/Istimewa)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. /Tangkapan layar YouTube/Pemprov Bali (Foto.Dok.Net/Istimewa)

STRATEGI.ID - Presiden Joko Widodo akan melantik ketua dan anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/21).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan pelantikan Megawati dan sejumlah tokoh lain sebagai Dewan Pengarah BRIN. "Betul," ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Telah Hadir Di Indonesia Ferrari SF90 Spider Dengan Teknologi 'Plug-in Hybrid'

Pelantikan rencananya akan digelar siang ini di Istana Negara, Jakarta. Namun, Heru tak menjelaskan lebih lanjut siapa saja nama yang akan dilantik bersama Megawati siang ini.

Heru belum dapat memerinci nama-nama Dewan Pengarah BRIN. Namun, ia memastikan bahwa Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri bakal dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah.

Baca Juga: Ground Breaking KEK Gresik, Pemanfaatan Nilai Tambah Tembaga bagi Kemakmuran Rakyat

Adapun ketentuan mengenai BRIN tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021. Perpres itu diteken Presiden Jokowi pada 28 April 2021.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021, jabatan Ketua Dewan Pengarah BRIN secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang kini dijabat Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Penerbangan Internasional Di Bandara Ngurah Rai Bali Akan Dibuka

Sedangkan wakil ketua Dewan Pengarah BRIN dijabat secara ex-officio oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB
X