• Sabtu, 29 Januari 2022

Katarak Penyebab Terbanyak Gangguan Penglihatan di Indonesia

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Katarak Penyebab Terbanyak Gangguan Penglihatan di Indonesia (Ist)
Katarak Penyebab Terbanyak Gangguan Penglihatan di Indonesia (Ist)

STRATEGI.ID - Gangguan penglihatan masih menjadi permasalahan utama di Indonesia. Sebagian besar gangguan penglihatan tersebut diakibatkan oleh katarak.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan berdasarkan World Report on Vision tahun 2019 diperkirakan secara global terdapat kurang lebih 2,2 milyar penduduk yang mengalami gangguan penglihatan dan/atau kebutaan. Padahal, kondisi gangguan penglihatan atau kebutaan yang dialami 1 milyar penduduk tersebut sebenarnya dapat dicegah.

Baca Juga: Menyikapi Video Viral Pengamanan Unjuk Rasa, Kapolda Banten Meminta Maaf

“Berdasarkan data nasional Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014 – 2016 Kemenkes, dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%),” kata Maxi Rein.

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dr. Aldiana Halim mengatakan di Indonesia dengan populasi pada tahun 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan. Sebanyak 1,6 juta orang buta ditambah dengan 6,4 juta orang dengan gangguan penglihatan sedang dan berat.

Baca Juga: Kunci Sukses Pengusaha Muda Asal Bali , Candra Dewi Maharani

Dari jumlah tersebut sebanyak 81,2% gangguan penglihatan disebabkan oleh katarak. Penyebab lainnya adalah refraksi atau glaukoma, atau kelainan mata hal-hal lainnya seperti kelainan refraksi, glaukoma atau kelainan mata yang berhubungan dengan diabetes.

“Tapi sebetulnya kita harus berfokus pada katarak, kita harus berusaha bagaimana orang katarak ini bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak sehingga penglihatannya akan kembali,” kata Aldiana.

Baca Juga: Terkait Tindakan Kekerasan Oknum Personel Polresta Tangerang, Anggota DPRD Banten Ini Dukung Upaya Kapolda

Orang dengan katarak ini, lanjut Aldiana treatment-nya cukup efektif kalau dia dioperasi dan tidak ada komplikasi lain, dan kemungkinan mereka bisa melihat kembali itu sangat besar.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu Tipe Pendiam ? Cek No 4

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:30 WIB

Yuk Mulai Mencatat Pengeluaranmu. Ini Tipsnya

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:30 WIB

Kulit Ketiak Anti Gelap, Berikut Bahan Alaminya

Senin, 24 Januari 2022 | 06:45 WIB

Kenali Cara Memilih Popok Yang Baik Untuk Anak

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:20 WIB
X