• Kamis, 21 Oktober 2021

Jamkeswatch: Kawal PBI Kelas Standar BPJS Untuk 2022

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Jamkeswacth: Kawal PBI Kelas Standar BPJS Untuk 2022 (Tangkapan layar youtube jamkeswatch)
Jamkeswacth: Kawal PBI Kelas Standar BPJS Untuk 2022 (Tangkapan layar youtube jamkeswatch)

STRATEGI.ID - BPJS kesehatan berencana untuk mengubah penerapan kelas pelayanan di fasilitas kesehatan yang selama ini terbagi menjadi kelas 1, 2, dan 3 menjadi penerapan “kelas standar”.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Muttaqien sewaktu dihubungi media, Jumat (24/09/21). "Dalam perencanaan akan menuju ke kelas rawat inap standar jaminan kesehatan nasional (JKN),” ujar dia.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 22 Masih Ada 'Segera Dibuka' Ini Syarat Untuk Lolos

Kelas layanan bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan diubah. Mulai tahun 2022, kelas layanan BPJS Kesehatan berubah dari kelas 1, 2, dan 3 menjadi kelas standar.

"Dalam perencanaan akan menuju ke kelas rawat inap standar jaminan kesehatan nasional (JKN),” ucap Muttaqien.

Baca Juga: TNI Ajak Ormas dan LSM Tingkatkan Jiwa Bela Negara dan Wasbang Upaya Cegah Perselisihan Antar Kelompok

Direktur relawan, dan Advokasi sekaligus ketua Jamkeswatch Indonesia, Darius berujar bukan hanya kelas standart BPJS Kesehatan yang sekarang menjadi tugas Jamkeswatch yang harus dikawal, namun terkait Keputusan Menteri Sosial (Kepmensos) No. 92/HUK/2021 Tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2021 yang ditanda tangani tanggal 15 September 2021 harus jadi tugas bersama.

Pasalnya kelas standart memang sudah sesuai dengan yang amanah Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Pasal 23 (4) yang mengatakan bahwa jika peserta membutuhkan rawat inap di Rumah Sakit maka diberikan berdasarkan “kelas standar”.
Namun kebijakan itu dinilai kurang efektif karena melihat ketersedian kamar tidur yang sangat terbatas di setiap Rumah Sakit.

Baca Juga: Audi Tawarkan Generasi A4 Terbarunya Dengan 3 Pilihan Mesin

Sesuai surat intruksi Nomor :002/JW-DPN-KSPI/X/2021 Dewan Pimpinan Nasiolan (DPN) nasional sengaja mengundang kepeda seluruh ketua Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Jamkeswatch Jabodetabek, Karawang, Purwakarta, Subang, dan Bandung untuk hadir dalam agenda Rapat Rutin (Ratin).

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB
X