• Minggu, 28 November 2021

5 Ciri Khas Seorang Santri, Selamat Hari Santri Nasional 2021

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:00 WIB
5 Ciri Khas Seorang Santri (Instagram: pondok pesantren nahjulhuda asurur)
5 Ciri Khas Seorang Santri (Instagram: pondok pesantren nahjulhuda asurur)
STRATEGI.ID - Santri adalah mereka yang memahami agama Islam, lewat keteladanan nyata dan literatur yang ditulis oleh Ulama'salafus solih, santri juga tidak begitu saja tercerabut dari akar budaya setempat(lokalitas), selama adat budaya tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
 
Sikap seorang santri terhadapap tantangan dakwah di masyarakat, membuat Santri bisa bersikap luwes dan menjadi muara bagi keluh kesah masyarakat.
 
 
Santri itu belajar seumur hidup, walau Ia tidak lagi tinggal di Pondok Pesantren, namun hubungan lahir batin atau yang disebut, (alaqah lahiriyah dan alaqoh bathiniyah) seorang santri terhadap Kiai nya akan senantiasa tersambung.
 
Berikut ciri khas seorang santri antara lain : 
 
1. Suka pakai sarung 
 
Tidak dapat dipungkiri, bawahan yang satu ini memang menjadi pakaian wajib yang harus dikenakan oleh para santri, jadi jangan heran, ketika anda melihat orang-orang mengenakan sarung 75% orang tersebut dulunya adalah santri.
 
 
2. Tawadhu (Rendah hati)
 
Seorang santri akan Tawadhu meski Berilmu tinggi, karena dia sadar apa yang dia tahu belum ada apa-apanya dibanding ilmu ulama para pendahulu-nya, karena dia sering ngaji kitab dan sering menyelami samudera ilmu maka dia menyadari ilmunya yang sekarang tidak ada apa-apanya dan merasa malu jika disombongkan.
 
3. Patuh pada orang tua
 
Sebandel-bandelnya anak santri mereka akan hormat dan patuh sama orang tua, terutama ibu dan ayah yang disebut mereka dengan panggilan umi atau Abi.
 
 
4. Takzim dengan Guru
 
Santri menyadari bahwa setinggi apapun ilmu tidak akan bermanfaat kalau tidak rasa takzim dengan guru, ilmu boleh setinggi langit tapi kalau tidak mempunyai sopan santun dengan guru, ilmunya tidak akan bermanfaat.
 
5. Berakhlakul Kharimah 
 
Jujur, sopan santun, berkata lemah lembut adalah ciri khas seorang santri, bukan santri kalau tidak punya akhlak.
 
 
Maka dimanapun santri Ia mempunyai Akhlakul Kharimah, pandai menghormati yang lebih tua, menghargai sesama dan menyanyangi yang lebih muda.
 
Tidak ada satu santripun yang hidupnya tidak ingin bermanfaat, semua ingin bermanfaat. Karena seorang santri sudah ditanamkan sejak dini di Pondok Pesantren.
 
Buat apa ilmu tinggi tapi tidak ada manfaatnya, lebih baik ilmu sedikit tapi ada manfaatnya dan ada berkahnya untuk diri sendiri dan orang lain, itulah yang dinamakan seorang Santri.***

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X