• Minggu, 28 November 2021

Pemkot Jakbar: Warga Dahulukan Evakuasi Lansia Saat Banjir

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:00 WIB
evakuasi warga lansia saat banjir  (instagram @humasjakfire)
evakuasi warga lansia saat banjir (instagram @humasjakfire)

STRATEGI.ID - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengingatkan warga untuk mengutamakan keselamatan dan mengevakuasi orang tua lanjut usia (lansia) saat terjadi bencana terutama musibah banjir.

"Kita imbau untuk mengutamakan keselamatan lansia, dalam kondisi bencana seperti banjir kita juga pasti utamakan penyelamatan lansia," kata Kepala Seksi Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran Penyelamatan (PKP) Sjukri Bahanan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, (19/10/21).

Baca Juga: Pemerintah Turunkan PPKM di DKI Jakarta Menjadi Level Dua

"Lansia jadi salah satu pihak yang paling diprioritaskan dalam proses evakuasi lantaran kondisi fisik yang mulai rentan" lanjut Sjukri Bahanan.

Sjukri mengatakan para lansia akan dievakuasi ke posko penyelamatan setiap kelurahan yang telah dijaga oleh tenaga kesehatan, Ia juga memberikan beberapa cara bagi warga dalam mengevakuasi diri saat banjir.

Baca Juga: TNI Ajarkan Cara Membuat Kripik Bayam dan Peyek Kacang di Papua

Hal pertama yang harus dilakukan warga, yakni menyelamatkan beberapa dokumen penting. Dokumen tersebut harus diletakkan di satu tempat khusus agar lebih mudah dicari.

Kalau di rumahnya punya lantai dua ya biasanya diletakkan di lantai dua saja, setelah sejumlah barang penting sudah diselamatkan, warga bisa langsung mengevakuasi diri ke tempat atau dataran yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mercedes R63 AMG, Minivan Dengan Tenaga V8

Terutama warga yang tinggal di bantaran kali, Sjukri mengimbau agar dapat mengikuti instruksi Lurah atau Camat untuk mengantisipasi tinggi air.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X