• Minggu, 28 November 2021

Mensesneg di Era SBY, Letjen (Purn) Sudi Silalahi, Tutup Usia

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:15 WIB
Mantan Mensesneg Sudi Silalahi di era ke-2 Presiden SBY meninggal dunia  ((dok. PMJnews))
Mantan Mensesneg Sudi Silalahi di era ke-2 Presiden SBY meninggal dunia ((dok. PMJnews))

STRATEGI.ID -Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2009-2014 Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi wafat di usia 72 tahun, pada Senin malam (25/10/21).

"Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi wafat di Rumah Sakit Gatot Soebroto (RSPAD) Jakarta Pusat, sekitar pukul 23.50 WIB karena sakit.

Kabar duka itu disampaikan oleh Sekretaris Kabinet periode 2009-2014 Dipo Alam dalam akun Twitternya @dipoalam49 yang terpantau, di Jakarta, Selasa (26/10/21).

Baca Juga: Infonya Besok, Akhmad Marjuki Dilantik sebagai Wakil Bupati Bekasi

"Innalillahi Wainna illaihi roji'un, kami sekeluarga turut berduka cita dan belasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD," tulis Dipo Alam.

"Sudi Silalahi mengawali karier di pemerintahan kala menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) di bawah pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri".

Baca Juga: Prediksi BRI Liga 1: PSIS Vs Persib, Bandung Pertahankan Unbeaten

Setelah SBY menjadi presiden, Sudi diberi kepercayaan untuk menjabat Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu periode 2004-2009.

Pada periode pemerintahan kedua, SBY mengangkat pria kelahiran Pematang Siantar pada 13 Juli 1949 itu menjadi Mensesneg.

Baca Juga: Potret Rumah Baru 3 Lantai Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag, Bukan Orang Sembarangan!

Sebelum masuk dalam pemerintahan, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1972 ini pernah menjabat Wakil Assospol Kasospol ABRI tahun 1996 sampai 1997.

Kemudian, menjabat Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998 dan Pangdam V Brawijaya, Surabaya pada 1999.

Sudi pun mendapatkan promosi jabatan dengan pangkat Letnan Jenderal sebagai sekretaris Menkopolkam yang saat itu dijabat SBY, pada 2001-2004.

Baca Juga: Resep Rahasia Es Kopi Kekinian, Bisa untuk Ide Bisnis Jualan

Sudi dikenal sebagai orang yang baik, ramah dan penuh perhatian, saya bersaksi bahwa Pak Sudi adalah orang yang baik, ramah, penuh perhatian dan persahabatan. Kiranya Allah SWT akan memberi tempat terbaik di sisi-Nya bagi Pak Sudi. Aamiin," kata Dipo.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pun mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Sudi Silalahi.

Baca Juga: Shin Tae Y ong Yakin Timnas U 23 Bisa Kalahkan Australia

"Innalillah wa inna ilaihi raji’un. Allah SWT telah memanggil Sudi Silalahi ke haribaan-Nya Senin malam (25/10/21). Semoga husnul khatimah," tulis Mahfud dalam akun Twitternya, @mohmahfudmd.

Dia menilai sosok Sudi Silalahi merupakan orang dan sahabat yang baik, Almarhum adalah teman baik saya sejak almarhum menjadi Pangdam V di Jatim, kemudian Sesmenko Polhukam, Seskab, dan Mensesneg. Almarhum adalah sahabat yang baik," kata Mahfud.***

 

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X