• Selasa, 25 Januari 2022

Air Sungai Ciliwung Sudah Bisa Diminum, Kualitas Meningkat Ke Level Dua

- Minggu, 14 November 2021 | 09:23 WIB
Fota Kali Ciliwung Di Jakarta Pusat (Rizki Strategi.id)
Fota Kali Ciliwung Di Jakarta Pusat (Rizki Strategi.id)

STRATEGI.ID - Ketua Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti mengatakan Sungai Ciliwung sudah layak sebagai pasokan bahan baku air minum.

Dilansir dari Antara, air di Sungai Ciliwung disebut telah meningkat ke level dua. Naiknya kualitas air di Sungai Ciliwung ke level 2 diklaim bisa digunakan sebagai bahan baku air minum.

Ketua Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti, menyatakan bahwa mutu air Sungai Ciliwung bisa menjadi tempat berkembang biak sejumlah biota air.

Baca Juga: Sampah di Pintu Air Manggarai Menumpuk Akibat Kiriman dari Sungai Ciliwung

"Dengan mutu air yang sudah di level dua, sudah memungkinkan berkembangbiaknya biota air di Sungai Ciliwung seperti ikan, udang, dan lainnya," ucap Peni Susanti.

Upaya revitalisasi dan pemeliharaan serta kebersihan aliran Sungai Ciliwung telah membuahkan hasil sejak Gerakan Ciliwung Bersih digulirkan pada 1989.

Peningkatan mutu air Sungai Ciliwung ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat agar peduli pada kelestarian sungai sepanjang 120 kilometer tersebut.

Baca Juga: Konsorsium WIKA Lanjutkan Pembangunan Proyek Sodetan Ciliwung

"Meningkatnya kualitas Sungai Ciliwung ditandai dengan ditemukannya bulus raksasa yang merupakan hewan endemik, ikan baung, dan lobster biru," Ujar Feni

Halaman:

Editor: Mochamad Rizki Damanhuri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X