• Kamis, 11 Agustus 2022

BPIP Gandeng BKKBN Sampai ke Tingkat Provinsi Dalam Melaksanakan PIP di Lingkungan Keluarga

- Sabtu, 27 November 2021 | 09:30 WIB
Direktur SMM FNI BPIP serta Jajaran disambut di Kantor BKKBN Provinsi Bali. (Khikmawati Septyarini)
Direktur SMM FNI BPIP serta Jajaran disambut di Kantor BKKBN Provinsi Bali. (Khikmawati Septyarini)

STRATEGI.ID – Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) perlu dilakukan bagi seluruh elemen masyarakat, sampai ke tingkatan yang paling kecil seperti keluarga.

Dalam melaksanakan PIP bagi keluarga, BPIP yang diberi mandate untuk melaksanakan PIP mengandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dari tingkat pusat sampai ke provinsi.

Berkaitan dengan itu, Direktorat Standardisasi Materi dan Metode Formal, Nonformal dan Informal (Dit. SMM FNI) BPIP melaksanakan kunjungan kerja ke BBKBN Provinisi Bali pada Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: BPIP: Ide Desentralisasi Sudah Ada Sejak Awal Kemerdekaan Indonesia

Pada kesempatan itu, Direktur SMM FNI, Toto Purbiyanto menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan kerja tersebut adalah untuk menindaklanjuti amanah presiden yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang BPIP.

“Kunjungan kerja ini adalah menindaklanjuti amanah presiden untuk mengitrenalisasikan nilai-nilai Pancasila secara langsung kepada seluruh kelompok masyarakat, terutama di lingkungan keluarga.” jelas Orang Nomor Satu di Dit. SMM FNI yang kini telah berganti nomenklatur menjadi Direktorat Pengkajian Implementasi PIP BPIP itu.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Pasca Banjir, Kodim Sintang Laksanakan Pembersihan di Sejumlah Lokasi

Menurut Toto penamaman nilai-nilai Pancasila melalui PIP pada lingkungan keluarga menjadi prioritas utama.

Posisi BKKBN sebagai lembaga yang mengurusi kependudukan serta keluarga berencana atau keluarga secara umum, juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan PIP yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jakarta Bergeliat Rayakan HUT RI ke 77

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:00 WIB

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:30 WIB
X