• Minggu, 23 Januari 2022

Seri Perempuan Indonesia: Selamat HUT Srikandi Diplomasi Indonesia Masa Kini, Retno Marsudi

- Sabtu, 27 November 2021 | 10:00 WIB
Seri Perempuan Hebat:  Retno Marsudi, Srikandi Diplomasi Indonesia. (MoFA Indonesia)
Seri Perempuan Hebat: Retno Marsudi, Srikandi Diplomasi Indonesia. (MoFA Indonesia)

STRATEGI.ID – Siapa bilang Perempuan di Indonesia tidak bisa menduduki jabatan strategis? Faktanya sejak awal Republik Indonesia berdiri, sederat Srikandi Tanah Air telah menduduki posisi strategi. Sebut saja HR Rasuna Said, Maria Ulfa dan Siti Sukaptinah Soenarjo Mangoenpoespito Rasuna Said, yang pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) serta menduduki posisi Menteri.

Di penghujung era-Orde Baru, ada nama Tutty Alawiyah, sosok perempuan hebat yang menduduki posisi Menteri. Masuk ke era-Reformasi, Indonesia mencatat sejarah. Seorang sosok perempuan dan ibu hebat menduduki kursi RI-1, Megawati Soekarnoputri. Negara yang dijuluki Bapa Demokrasi seperti Amerika Serikat pun sampai saat ini belum pernah dipimpin seorang perempuan.

Era-Presiden Jokowi, hadir seorang perempuan hebat di bidang diplomasi. Tepat Hari ini, 27 November 2021 dia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 59 tahun. Srikandi di bidang diplomasi itu bernama Retno Lestari Priansari Marsudi atau dikenal dengan nama Retno Marsudi. Retno Marsudi menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sejak 2014 (Pemerintahan Jokowi jili I) sampai sekarang (Jokowi jilid II).

Baca Juga: SERI PEREMPUAN INDONESIA , Mengenal Sosok Ibu Sri Mulyani Indrawati dengan Berbagai Prestasi

Bukan tanpa alasan Presiden Jokowi mempertahankan Menteri Retno. Selama kepemimpinannya sebagai Menlu RI, banyak capaian yang dihasilkannya untuk Indonesia. Salah satunya berhasil menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019 dan 2020, dan Anggota Dewan HAM PBB periode 2020 - 2022.

Retno Marsudi juga berhasil memimpin secara apik kebijakan luar negeri dan diplomasi Indonesia, seperti: meningkatkan presensi RI di berbagai platform regional dan multilateral; kehadiran Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Palestina; mendorong sentralitas RI dan ASEAN di kawasan Indo-Pasifik; kontribusi Indonesia dalam krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar; hingga meningkatkan pengarusutamaan diplomasi perlindungan WNI di luar negeri.

Sederet prestasi diukir Indonesia melalui jalur diplomasi yang dikomandoi oleh Retno di tingkat regional maupun global. Selama kariernya sebagai diplomat top RI, Retno Marsudi telah mendulang sejumlah penghargaan internasional, di antaranya, Agen Perubahan Untuk Kesetraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari Badan PBB Urusan Perempuan (UN Women) pada September 2017.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Interograsi Games E Sport RRQ Lemon, Yang Nanya Malah Emosi

Selain itu juga penghargaan El Sol del Peru atau The Sun of Peru, dengan peringkat Grand Cross dari pemerintah Peru pada Mei 2018.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Sampaikan Sikap Indonesia untuk Kasus Myanmar

Minggu, 23 Januari 2022 | 13:30 WIB

M Achadi Rektor UBK Di Era Presiden Soekarno

Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:30 WIB
X