• Minggu, 23 Januari 2022

KI Pusat: Sinergitas Dalam KIP Mewujudkan Good Governance

- Senin, 29 November 2021 | 11:30 WIB
Ketua KI Pusat menyampaikan rambutan dalam Diskusi Catatan Akhir Tahun dan Peluncuran Buku Monev KIP. (Suriel Tauruy)
Ketua KI Pusat menyampaikan rambutan dalam Diskusi Catatan Akhir Tahun dan Peluncuran Buku Monev KIP. (Suriel Tauruy)

STRATEGI.ID – Keterbukaan informasi publik (KIP) merupakan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi setiap Badan Publik (BP) di Indonesia. KIP dijamin dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP.

Sejak berdirinya Komisi Informasi (KI) Pusat pada 2009, monitoring dan evaluasi (Monev) KIP BP dilakukan setiap setahun sekali. Ketua KI Pusat, Gede Narayana menginformasikan Monev KIP BP telah 11 kali dilakukan.

“Monitoring evaluasi sudah dilakukan 11 kali, KI Pusat sudah 11 tahun ada, KI Pusat lahir 2009, mungkin setahun setelah itulah (Red: Kelahiran KI Pusat) dilakukan Monev,” ujar Gede dalam sambutannya pada Diskusi Catatan Akhir Tahun dan Peluncuran Buku Transformasi Monev, Senin (29/11/2021) di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Tinjau dan Salurkan Bantuan ke Warga Garut Terdampak Banjir Bandang

Lebih lanjut Gede menjelaskan bahwa Monev KIP BP diselengarakan bukan sebagai ajang kontestasi. Melainkan bertujuan untuk memotret sejauh mana KIP diterapkan oleh BP di Indonesia.

“Tidak ada kontestasi, tidak ada juara-juaran. Hasilnya sudah kita sampaikan ke publik, publik bisa melihat yang ada di website kami,” tegas Gede.

Gede juga menerangkan Monev tersebut dilakukan secara terukur, objektif, transparan dan akuntabilitas. Juga tidak ada ruang untuk memanipulasi hasil Monev KIP BP. “Apa yang dihasilkan oleh Badan Publik masuk kualifikasi tertinggi, itu merupakan hasil keringat dari badan publik itu,” tambahnya.

Baca Juga: KI Pusat Akan Luncurkan Buku Transformasi Monev Pekan Depan

Monev KIP BP dari tahun ke tahun menunjukan hasil yang baik, dan diharapkan hasil Monev KIP BP tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Gede juga mengatakan bahwa Monev KIP BP ini merupakan wujud dari sinergitas lintas BP.

Halaman:

Editor: Suriel Tauruy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Sampaikan Sikap Indonesia untuk Kasus Myanmar

Minggu, 23 Januari 2022 | 13:30 WIB

M Achadi Rektor UBK Di Era Presiden Soekarno

Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:30 WIB
X