• Senin, 23 Mei 2022

Segini Gaji Novel Baswedan jadi ASN Polri, Besar Mana dengan KPK?

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 08:00 WIB
Novel Baswedan Resmi Dilantik (Pikiranrakyattasikmalaya)
Novel Baswedan Resmi Dilantik (Pikiranrakyattasikmalaya)

STRATEGI.ID -Novel Baswedan dan 43 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) telah resmi dilantik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Lantas, berapa penghasilan yang di dapat oleh Novel Baswedan Cs saat menjadi ASN Polri?

Novel Baswedan dan 43 orang lainnya merupakan mantan pegawai KPK. Saat menjadi pegawai negeri sipil (PNS),tentunya berbeda dari penghasilan yang mereka dapat.Hingga saat ini, tidak ada kejelasan terkait besaran gaji para pegawai KPK. Dalam laman jdih.setneg, hanya terdapat gaji dan tunjangan bagi para ketua dan wakil ketua KPK.

Baca Juga: Duka Uu Ruzhanul Atas Wafatnya Wali Kota Bandung

Namun,dari beberapa sumber menyebut jumlah besaran pendapata yang diterima para pegawai KPK bervariasi dari yang paling rendah sebesar Rp 8 juta, hingga 45 juta.

Jika menjadi ASN, maka gaji yang akan diterima Novel Baswedan Cs akan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) 15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas PP 7/1977 tentang Peraturan Gaji PNS.Dalam lampiran aturan tersebut, gaji pokok ASN Polri untuk golongan terendah sebesar Rp 1,56 juta dan untuk golongan tertinggi mencapai Rp 5,9 juta.

Selain gaji,setiap ASN Polri juga akan mendapatkan berbagai tunjangan dari pemerintah. Mulai dari tunjangan suami istri sebesar 10% dari gaji pokok sejak melaporkan pernikahannya.

Baca Juga: Peduli Kemanusiaan, Kasad Bantu Logistik Bencana Alam Gunung Semeru

Tunjangan ini akan diberhentikan di bulan berikutnya sejak perceraian atau suami/istri meninggal dunia.ASN polri juga akan mendapatkan tunjangan anak sebesar 2% dari gaji pokok.

Tunjangan ini diberikan sampai anak berusia 25 tahun jika masih sekolah, kursus, atau kuliah.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Serukan Berantas Oligarki

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:45 WIB
X