• Jumat, 20 Mei 2022

BPIP: Implementasi Nilai Pancasila Dalam Peraturan Dan Kebijakan Untuk Masyarakat

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:00 WIB
Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pimpinan dan DPRD Provinsi Lampung, Jakarta (20/01/22) (Pribadi)
Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pimpinan dan DPRD Provinsi Lampung, Jakarta (20/01/22) (Pribadi)

STRATEGI.ID -  Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, menyerukan agar para pemangku kebijakan untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam peraturan dan kebijakan yang diterapkan kepada masyarakat, di dalam acara Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pimpinan dan DPRD Provinsi Lampung, Jakarta (20/01/22).

Dalam acara pelatihan tersebut, hadir sebagai peserta adalah pihak perwakilan rakyat daerah Provinsi Lampung, dan diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Antonius Benny Susetyo biasa dipanggil Benny, sapaan akrabnya, menjadi pembicara dalam sesi kelas “Nilai-Nilai Pancasila bagi Bangsa Indonesia”.

Baca Juga: Berlatar Belakang Arsitek, Benarkah Jokowi Menunjuk Ridwan Kamil sebagai Kepala IKN ?

Benny memulai paparannya dengan menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar dan dasar filosofis negara, serta cita-cita dan pandangan hidup negara.

“Diperlukan sebuah kerangka berpikir, yaitu Haluan Ideologi Pancasila, sebagai sumber hukum, dan harus menjadi aplikasi bagi setiap kebijakan publik. Inilah tugas anggota dewan: agar hukum tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Anggota dewan menjadi pengawal peraturan,” ujarnya.

Menurutnya, bentuk pengawal peraturan yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila adalah bagaimana kebijakan-kebijakan yang diambil adalah untuk memberi jaminan dan melindungi hajat hidup seluruh masyarakat Indonesia.

“Pengambil kebijakan harus berpihak pada rakyatnya. Inilah Pancasila. Bukan individual seperti liberal, bukan sosialisme komunisme yang dominasi milik negara,” katanya.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia, Berapa Gaji Wasit Indonesia?

Benny menyatakan bahwa Pancasila memiliki nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan ini semua menyangkut kepribadian bangsa yang adalah gotong royong. Nilai ketuhanan pun, menurutnya, harus menjiwai semua kebijakan yang diambil dalam kehidupan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Serukan Berantas Oligarki

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:45 WIB
X