• Jumat, 20 Mei 2022

Siaga Perang Dunia, Langit Indonesia Diperkuat Pesawat Tempur Dassault Rafale Prancis Dan Boeing F 15EX AS

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:30 WIB
Ilustarasi pesawat tempur (Instagram@anak_militer)
Ilustarasi pesawat tempur (Instagram@anak_militer)

STRATEGI.ID - Kabar gembira datang untuk masyarakat Indonesia teramat khusus untuk Angkatan Udara kita yaitu TNI-AU yang akan menjaga langit nusantara dengan pesawat tempur Dassault Rafale Prancis dan Boeing F 15EX Amerika Serikat (AS).

Kedua pesawat itu bakal menjaga langit Indonesia Dassault Rafale Prancis dan Boeing F 15EX Amerika Serikat (AS). Memiliki kemampuan supercruise yaitu terbang dengan kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner.

Selain itu kedua pesawat Dassault Rafale Prancis dan Boeing F 15EX Amerika Serikat (AS), juga merupakan pesawat tempur multifungsi yang tidak hanya mampu melakukan serangan di udara tapi juga didarat selain kemampuan lainnya sebagai pesawat pengintaian udara dan menjaga langit Indonesia.

Baca Juga: Situasi Memanas, Angkatan Laut China, Iran, Rusia Latihan Perang Bersama Di Samudra Hindia

Rencana Indonesia menjaga langit NKRI dengan Rafale Francis dan F-15 EX Amerika Serika(AS) bocor lewat laporan tahunan yang diterbitkan pada pertengahan Februari 2021 lalu.

Langkah sulit akhirnya dipilih Indomesia dengan meninggalkan jet tempur Su-35 Rusia dan membeli Rafale Francis serta F-15 EX Amerika Serikat untuk TNI AU.

Sebagaimana diberitakan Zonajakarta.com dengan artikel berjudul Langit Indonesia Resmi Dijaga Rafale Francis Dan F-15EX Amerika, Media Asing: Untuk Jegal Kebangkitan China! Keputusan meminang F-15 EX AS dan Rafale Prancis, selain karena alasan anggaran, juga karena Amerika Serikat yang terus mengancam sanksi CAATSA jika Indonesia memuluskan rencana membeli Su-35 Rusia.

Baca Juga: Laut China Selatan Memanas, Tiongkok Kerahkan Kapal Perang Untuk Mengusir Amerika Serikat

Dikutip dari Zonajakarta.com, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat berbincang dengan media massa pada acara Press Tour dan Media Gathering, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 22 Desember 2021 mengumumkan kabar buruk pembatalan Su-35 Rusia.

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Serukan Berantas Oligarki

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:45 WIB
X