• Jumat, 20 Mei 2022

Demi 36 Unit Rafale, Indonesia Cari Pinjaman Asing

- Kamis, 27 Januari 2022 | 08:00 WIB
Ilustarasi pesawat tempur (Instagram@anak_militer)
Ilustarasi pesawat tempur (Instagram@anak_militer)

STRATEGI.ID - Indonesia sedang memoderenisasi alat pertahanan negara, oleh karna itu usaha keras untuk mendatangkan jet tempur Rafale sedang dilakukan.

Sebanyak 36 unit Rafale menjadi proyeksi teerdepan bagi Indonesia.36 Unit Rafale itu nantinya untuk membentuk setidaknya dua skadron tempur baru bagi Indonesia.

Rafale adalah pesawat tempur Prancis yang mampu melakukan berbagai misi jarak pendek dan jarak jauh, termasuk superioritas udara dan pertahanan udara, dukungan udara jarak dekat, serangan mendalam, pengintaian, serangan anti-kapal, dan serangan nuklir.

Baca Juga: Artis Cantik Pemeran Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala Ini, Calon Owner Klub Sepak Bola Asal Tangerang

Seperti di beritakan Zonajakarta.com dengan Judul Cari Pinjaman Asing, Indonesia Kebut Pengadaan 36 Jet Tempur Rafale Untuk Pertahanan Garis depan. Maka dari itu Indonesia memutuskan untuk membeli Rafale dan membatalkan rencana pengadaan Sukhoi Su-35 Rusia.

Angkatan Udara Indonesia menyatakan pada Desember 2021 bahwa negara akan membatalkan rencana pengadaan Sukhoi Su-35 Rusia demi F-15 EX Eagle II buatan AS atau Rafale buatan Prancis.

Meskipun belum benar-benar mengungkapkan mengapa memutuskan untuk tidak membeli jet Rusia, aman untuk berspekulasi bahwa ketakutan CAATSA (Countering America's Adversaries Through Sanctions Act) bisa menjadi alasannya.

Baca Juga: Korea Utara Kembali Meluncurkan Dua Rudal Hipersonik, Di Tengah Acaman Sanksi PBB

Indonesia saat ini sedang mencari petarung kelas menengah atau berat generasi 4,5

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Serukan Berantas Oligarki

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:45 WIB
X