• Minggu, 4 Desember 2022

Pengangkatan Hercules, Bukan Wewenang Gubernur DKI Jakarta

- Kamis, 24 Februari 2022 | 21:30 WIB
Hercules (Instagram@kristianto.purnomo)
Hercules (Instagram@kristianto.purnomo)

STRATEGI.ID - Perumda Pasar Jaya mengangkat Rosario Marshal atau yang akrab disapa Hercules menjadi Tenaga Ahli Perumda Pasar Jaya.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta, Riyadi mengaku pengangkatan Hercules di perusahaan daerah ini merupakan kewenangan direksi Pasar Jaya.

Sehingga, kata Riyadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta BP BUMD tak memiliki wewenang dalam pengangkatan jabatan termasuk Hercules di perusahaan pengelola pasar di Jakarta tersebut.

Baca Juga: Untuk Menjaga Stok Minyak Goreng, Ganjar Pastikan Terus Melakukan Operasi Pasar

"Untuk pengangkatan SDM atau pejabat di bawah direksi itu kewenangan direksi, bukan gubernur. Itu yang nunjuk kewenangan direksi. Saya BP BUMD aja nggak ada kewenangan kalau di bawah direksi," ujar Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta Riyadi, kepada wartawan, Selasa (22/02/22).

Riyadi belum menerima laporan dari Pasar Jaya terkait pengangkatan Hercules sebagai tenaga adli. Namun dia mengatakan sepanjang dibutuhkan dan melalui proses yang sah. Hal itu menjadi kewenangan direksi.

"Karena sepanjang itu dibutuhkan, dia punya kemampuan, ada asesmen, ada proses nggak ada masalah. Ya oke dia dulu latar belakangnya begini begitu misalkan. Ya orang sudah berubah apa nggak. Kan gitu. Kan mungkin direksi lihatnya sudah berubah. Kali gitu, kan gitu. sepanjang prosesnya dilalui. Kompetensinya dibutuhkan dan dianya dianggap mampu. Dan itu bukan kewenangan BP BUMD, apalagi Gubernur," tuturnya.

Baca Juga: Rusia Bombardir Kota-Kota Ukraina, Putin Perintah Invansi Skala Penuh

Riyadi menuturkan, Gubernur DKI Anies Baswedan hanya mengangkat jajaran direksi BUMD. Di luar itu menjadi wewenang direksi.

“Gubernur hanya angkat direksi, dewan komisaris atau dewan pengawas. Jadi pasti nggak ada SK Gubernur,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, Semeru Alami 8 Kali Gempa Letusan Dalam 6 Jam

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:35 WIB

Berita Terkini Gunung Semeru Berstatus Awas!

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:10 WIB

13 Remaja Ditangkap Karena Bawa Sajam di Bantul

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:25 WIB
X