Sinergi BPIP dengan TNI AD, Masifkan Pembumian Pancasila

- Kamis, 10 Maret 2022 | 18:30 WIB
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah, Antonius Beny Susetyo menuturkan, perkembangan teknologi saat ini juga sedikit-banyaknya berpengaruh pada karakter anak bangsa, Kamis, (10/03/22) (pribadi)
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah, Antonius Beny Susetyo menuturkan, perkembangan teknologi saat ini juga sedikit-banyaknya berpengaruh pada karakter anak bangsa, Kamis, (10/03/22) (pribadi)

STRATEGI.ID - Kerjasama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan TNI AD kian masif untuk membumikan Pancasila di Bumi Pertiwi. Sebagai bentuk komitmen, BPIP hadir dalam Rapat Kerja Teknis Teritorial (Rakernister) TNI AD TA. 2022 di Pusdikter, Cimahi, Jawa Barat (10/03/22).

Dalam rapat yang diikuti oleh para Dandim, para Kasi dan Pasi Ter masing-masing Korem dan jajaran Kodim, serta Perwira dari Satuan Non Kowil yang memangku jabatan di bidang Teritorial ini, BPIP mengajak para pimpinan Teritorial TNI AD bersinergi untuk bersama-sama membuat program-program pendidikan hingga pengaktualisasian Pancasila di tengah masyarakat teritorinya.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Ir. Prakoso menuturkan, kolaborasi BPIP dengan TNI AD sangat strategis.

Baca Juga: PSS Sleman Nyatakan Siap Hadapi Tim Berjuluk Pendekar Cisadane

Dengan jumlah prajurit TNI yang tersebar ke setiap penjuru Negara Indonesia, diharapkan program-program BPIP maupun TNI dalam upaya menancapkan Ideologi Pancasila di benak sanubari bangsa dapat terlaksana secara lebih masif.

BPIP saat ini sudah menyusun pelbagai produk pembumian Pancasila, mulai dari materi pendidikan hingga alat bantu memahami Pancasila berupa Pancamain (permainan anak).

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Rima Agristina menuturkan, sebelumnya BPIP sudah berkolaborasi dengan Purnapaskibraka Indonesia dan menjadikan para putera-puteri pilihan dari berbagai daerah ini sebagai Duta Pancasila.

Tujuannya, menciptakan sosok-sosok contoh anak muda yang nasionalis dan Pancasilais yang mampu memengaruhi lingkungannya.

“Dengan adanya komitmen bersama BPIP dengan TNI AD, tentu upaya pembumian Pancasila di tengah masyarakat akan lebih mudah teraktualisasi”, ujar Rima.

Baca Juga: Profil Vannessa Khong, Kekasih Crazy Rich Indra Kenz Yang Ditangkap Karna Kasus Binomo

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Siap Hadapi Omicron BA.4 dan BA.5

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:45 WIB
X