• Selasa, 5 Juli 2022

Jokowi: Di Area Terbuka Masyarakat Tidak Perlu Lagi Menggunakan Masker

- Selasa, 17 Mei 2022 | 19:16 WIB
Presiden Jokowi melonggarkan kebijakan pemakaian masker. (Setpres)
Presiden Jokowi melonggarkan kebijakan pemakaian masker. (Setpres)

STRATEGI.ID - Pemerintah telah membuat aturan terbaru terkait penanganan Covid 19. Penanganan Covid 19 di Indonesia yang kian semakin terkendali Presiden Jokowi memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakain masker.

Jokowi menyampaikan penggunaan masker khusus ruangan tertutup dan di transportasi umum.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/05/22).

Baca Juga: Kapolri Ucapkan Selamat Lebaran Idul Fitri kepada Keluarga Besar Muhammad Jafar Hasibuan, Penemu Biofar SS

Namun, Presiden meminta masyarakat kategori rentan maupun yang bergejala batuk dan pilek untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas.

“Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” ujarnya.

Selain pelonggaran pemakaian masker, pemerintah juga melonggarkan persyaratan perjalanan domestik dan luar negeri bagi masyarakat yang sudah divaksinasi Covid 19 dosis lengkap.

Baca Juga: Negara Anggota ASEAN Saling Mengakui Sertifikat Vaksinasi Covid 19

“Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen,” pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tok, DPR Setujui PMN 2023 untuk BUMN

Senin, 4 Juli 2022 | 22:00 WIB
X