• Selasa, 5 Juli 2022

Megawati Ajak Parpol di Negara BRICS Kerja Sama Atasi Masalah Dunia Berbasis Semangat KAA 1955

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:30 WIB
Megawati saat berbicara dalam forum BRICS Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum. Acara itu digelar di Beijing. (pribadi)
Megawati saat berbicara dalam forum BRICS Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum. Acara itu digelar di Beijing. (pribadi)

STRATEGI.ID - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyinggung sejumlah isu kemanusiaan yang harus menjadi perhatian serta dicarikan solusinya oleh partai politik (parpol) di dunia.

Hal itu disampaikan Megawati saat berbicara dalam forum BRICS Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum. Acara itu digelar di Beijing.

Megawati hadir secara virtual melalui layanan telekonferensi, Kamis (19/05/22) malam.

Baca Juga: Sederet Nama-Nama Pengkhianat Demokrasi Menurut KRL KKN, Termasuk Binsar Pandjaitan dan Tito Karnavian

Sambutan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping dibacakan saat acara dimulai. Presiden Xi Jinping mengucapkan selamat hangat atas penyelengaraan forum partai politik dan ormas BRICS.

"Salam untuk para pemimpin dan delegasi yang hadir. Saat ini kelemahan pemulihan ekonomi, kesenjangan pembangunan merupakan iklim dan tantangan. BRICS harus ingat aspirasi dan misi bersama para negara berkembang, mengadvokasi kerjasama internasional. Tiongkok bersedia bersama semua negara termasuk negara-negara BRICS menjalankan tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030," ujar Presiden Xi Jinping.

Setelah itu sejumlah perwakilan parpol dari BRICS dan non BRICS pun menyampaikan pandangannya, termasuk Megawati. Di awal pidatonya, Megawati menyapa Presiden Xi Jimping.

Megawati menyatakan forum dialog ini sangatlah penting, di tengah berbagai dampak pandemi Covid-19 yang begitu luas bagi kehidupan dan sampai hari ini belum sepenuhnya dapat diatasi.

Baca Juga: Persib Bandung Terus Pantau Ryohei Miyazaki

Dan kini, lanjutnya, muncul ketegangan baru akibat ketidakseimbangan keamanan global yang ikut memicu persoalan di Rusia-Ukraina.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tok, DPR Setujui PMN 2023 untuk BUMN

Senin, 4 Juli 2022 | 22:00 WIB
X