• Selasa, 5 Juli 2022

Resmi! Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo Calon Presiden Partai NasDem Tahun 2024

- Jumat, 17 Juni 2022 | 22:25 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan tiga bakal calon presiden yang akan diusung oleh Nasdem. Mereka adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar video YouTube @Nasdem TV)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan tiga bakal calon presiden yang akan diusung oleh Nasdem. Mereka adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar video YouTube @Nasdem TV)

STRATEGI.ID-Partai Nasdem resmi mengumumkan tiga nama untuk diusung bersama partai koalisi pada Pilpres 2024. Tiga nama yang diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem antara lain Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

"Amanat Rakernas memutuskan, menetapkan rekomendasi nama bakal capres yang akan diusung Partai NasDem di Pemilu 2024 adalah tiga nama, yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo," ujar Surya Paloh di lokasi Rakernas NasDem, JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022.

Ketiga nama tersebut merupakan kader eksternal. Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, partainya memang sudah sepakat tidak mengusung calon internal dalam Pilpres 2024. "Kami mempersiapkan kader internal untuk Pilpres 2029," ujar Ali, Jumat, 17 Juni 2022.

Baca Juga: Dukung Pupuk Indonesia Go Global, Menteri Erick Thohir, Terus Lakukan Transformasi dan Inovasi

Suara untuk tokoh dari eksternal memang mendominasi usulan DPW NasDem dalam sidang pleno terbuka, kemarin. Sebanyak 32 dari 34 DPW mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden. Hanya dua provinsi yang tidak mengusulkan nama Anies, yakni; Papua Barat dan Kalimantan Timur.

Di bawah Anies, suara terbanyak kedua adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 29 DPW. Selanjutnya ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan 16 suara dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 13 suara DPW.

Selain empat nama tersebut, nama capres usulan daerah yang banyak disebut di antaranya; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4 DPW, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 4 DPW, hingga KSAD Dudung 2 DPW.

Baca Juga: Komisi V Tinjau Pembangunan di Sulteng Pasca Gempa dan Tsunami 2018

Kemudian adapula nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno 1 suara serta Politikus Golkar Tuan Guru Bajang Zainul Majdi atau TGB 1 suara DPW.***

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tok, DPR Setujui PMN 2023 untuk BUMN

Senin, 4 Juli 2022 | 22:00 WIB
X