• Rabu, 17 Agustus 2022

Antonius Benny Susetyo: Kepatuhan Terhadap Nilai Pancasila Adalah Jiwa ASN

- Rabu, 6 Juli 2022 | 18:30 WIB
Antonius Benny Susetyo, Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP dalam acara Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan ASN yang diselenggarakan oleh Deputi Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila pada Hari Rabu, (06/07/22). (pribadi)
Antonius Benny Susetyo, Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP dalam acara Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan ASN yang diselenggarakan oleh Deputi Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila pada Hari Rabu, (06/07/22). (pribadi)

STRATEGI.ID - Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pengabdi Masyarakat hendaknya selalu patuh terhadap nilai nilai Pancasila karena itu adalah jiwa dan semangat. Sesungguhnya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kepada negara

Hal ini disampaikan oleh Antonius Benny Susetyo, Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP dalam acara Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan ASN yang diselenggarakan oleh Deputi Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila pada Hari Rabu, (06/07/22).

Acara yang diselenggarakan secara Daring melalui Zoom meeting dan Luring di Hotel Sotis Kupang ini dibuka Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham, Ibu Marciana Dominika Jone yang menyatakan bahwa adalah komitmen dari seluruh ASN Di wilayah kerja NTT terkhusus Kemenhumham dalam senantiasa setia pada pancasila dan melakukan implementasi dan Aktualisasi nilai Pancasila dalam berkehidupan sehari hari dalam segala aspek kehidupan.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Yang Terus Berjalan

Para ASN di Nusa Tenggara Timur Juga siap untuk bekerja dan bersinergi dengan unsur lain dalam masyarakat untuk melakukan pembumian yang nyata terhadap nilai nilai Pancasila.

Dalam Paparannya di Acara yang diikuti Oleh sekitar 1400 peserta baik daring maupun luring Antonius Benny Susetyo mengungkapkan lebih lanjut Bahwa ASN dalam negara yang multikultural harus senantiasa menjadi garda terdepan dan yang paling setia pada Pancasila sebagai bukti nyata pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Para ASN harus mampu menjadikan Pancasila sebagai Living and Working Ideology yang tidak hanya merasuk kedalam sanubari, namun juga dapat diimpementasikan dan di aktualisasikan melalui kerja nyata oleh Para ASN di satuan kerjanya masing masing.

Nilai Nilai Pancasila harus muncul dan menjelma dalam logos (keilmuan), ethos (kerja nyata) dan pathos (empati) dalam keseharian ASN dalam bertindak, bekerja dan membuat kebijakan hingga tujuan berkebangsaan Indonesia yaitu Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa, Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial dapat tercapai.

Baca Juga: Timnas U-19 Yang Sangat Menjanjikan

Lebih lanjut Benny menyatakan bahwa
Kenyataan bahwa kita majemuk dan bersatu merupakan bukti paling nyata dari bagaimana bergunanya Pancasila, ini seperti yang dikatakan oleh Ben Anderson bahwa rakyat indonesia walaupun antar masing masing pulau dan wilayah mungkin tidak pernah bertemu namun rasa kebersatuan dan persaudaraannya tetap terjaga dan solid karena Pancasila yang mempersatukan.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X