• Jumat, 30 September 2022

BPIP Dorong Lembaga Pendidikan Narasikan Nilai Pancasila di Lingkungan Sekolah dan Kampus

- Kamis, 28 Juli 2022 | 19:00 WIB
Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D saat mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muntok Bangka Barat dan Universitas Banga Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Rabu, (27/07/22) (pribadi )
Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D saat mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muntok Bangka Barat dan Universitas Banga Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Rabu, (27/07/22) (pribadi )

STRATEGI.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendorong lembaga pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di kabupaten Bangka Barat untuk menarasikan nilai-nilai Pancasila melalui program atau kegiatan di lingkungan sekolah dan kampus.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D saat mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muntok Bangka Barat dan Universitas Banga Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Rabu, (27/07/22).

“Selain mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mari kita narasikan Pancasila dalam program dan kegiatan di lingkungan sekolah dan kampus”, ujar Kepala BPIP saat menjadi keynote speech Kuliah Umum di UBB.

Baca Juga: PSM Makassar Jadikan Tekanan Sebagai Motivasi

Menurutnya Pendidikan adalah proses pendewasaan, tidak sekadar proses transfer pengetahuan dalam arti seluas-luasnya, melainkan proses internalisasi nilai-nilai sosiokultural dan sosio-religi yang selanjutnya dieksternalisasi ke dalam realitas sosial.

“Jadi, potensi-potensi peserta didik seperti kognitif, afektif, sosial, dan spiritual perlu untuk dikembangkan dan diaktualisasikan secara sinergis dan bertanggungjawab”, terangnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam memajukan pendidikan di Republik ini adalah aspek penelitian dan pengembangan. Penelitian berperan penting dalam membangun sebuah peradaban bahkan memunculkan peradaban baru, seperti lahirnya (Revolusi Industri 1.0 hingga Revolusi Industri 4.0).

“Kita perlu mendorong para akademisi dan peneliti tidak hanya mengejar kuantitas penelitian melainkan juga kualitas sebuah penelitian”, ucapnya.

Baca Juga: Persib Bandung Akan Bermain Waspada Hadapi Madura United

Dalam konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang perlu juga diperhatikan dan dipraktekkan adalah pengabdian kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X