• Rabu, 5 Oktober 2022

Wajib Tahu, ini Sosok Pelopor Gerakan Pramuka Indonesia

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi: Seragam pramuka. (Instagram @pramukaupdate)
Ilustrasi: Seragam pramuka. (Instagram @pramukaupdate)

STRATEGI.ID-Hari Pramuka yang selalu dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Agustus tidak lepas dari perjuangan para tokoh hebat dibaliknya.

Tanpa buah pemikiran dan perjuangan tokoh-tokoh tersebut Gerakan pramuka di Indonesia tidak akan menjadi organisasi yang eksis sampai sekrang.

Ada lima tokoh setidaknya yang menjadi pelopor Gerakan pramuka di Indonesia, antara lain, Ir. Soekarno, Sri Sultan Hamengkubuono IX, Prof. Prijono , Dr. A. Azis Saleh, serta Achmadi.

Berikut profil singkat dari tokoh-tokoh pelopor Gerakan Pramuka yang diambil dari beberapa sumber.

Baca Juga: Prabowo Subianto Nyatakan Siap Menjadi Calon Presiden 2024, Jadi Sorotan Media Asing

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno lahir di Surabaya 6 Juni 1901 dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo yang merupakan anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Namun, karena beliau sering sakit makan Namanya diganti menjadi Soekarno.

Sebelum akhirnya menjadi presiden, banyak rintangan yang kemudian di dapatkan oleh Soekarno mulai dari ditangkap oleh pasukan belanda, kemudian dipenjara pada 1929 sampai dengan 1931.

Kemudian Kembali ditangkap dan diasingkan ke Flores pada 1933. Pada 1938 beliau dibuang ke Bengkulu dan disinilah beliau bertemu dengan Ibu Fatmawati Sampai kemudian kita dibawa pada peristiwa di Rengasdengklok.

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Sebut Anies Baswedan Figur Nasionalis Religius

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
X