• Rabu, 5 Oktober 2022

Bangkitkan Layanan Kesehatan Pasca Pandemi , Menkes Ambil Langkah Strategis berikut Informasinya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Wamenkes Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19 (Dok:Kemenkes)
Wamenkes Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19 (Dok:Kemenkes)

STRATEGI.ID - Pandemi COVID-19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang yang di dunia yang aman. Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun di masa yang akan datang.

Hal ini mengingat selain fokus pada penanganan pandemi COVID-19, pada saat yang sama Kemenkes juga dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Berangkat dari gagasan ini, Kementerian Kesehatan menyusun langkah konkrit dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar, salah satunya transformasi layanan rujukan yang bertujuan untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga: 7 Keunggulan Xiaomi 11T Pro, Pengisian Daya yang Cepat dan Batre Sangat Awet, Sedang Turun Harga Loh!

Sebagai wujud transformasi layanan rujukan, Kementerian Kesehatan mengembangkan layanan unggulan dan jejaring pelayanan rujukan untuk penanganan empat penyakit tidak menular yakni stroke, kanker, jantung dan ginjal yang jumlahnya terus meningkat serta menjadi penyebab utama kematian dan berkontribusi pada besarnya biaya kesehatan.

''Fasilitas pelayanan kesehatan yang ada saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan terhadap penyakit katastropik terutama di Daerah Terluar, Pedalaman dan Kepulauan (DTPK). Kita perlu dorong, karena pelayanan rujukan rumah sakit sangat penting untuk masyarakat,'' kata Wamenkes.

Untuk layanan penyakit jantung misalnya, sekarang ini belum banyak Kabupaten/Kota yang mampu melakukan pemasangan ring jantung. Tak jarang pasien harus menunggu dalam jangka waktu yang lama bahkan ada juga yang memilih berobat ke luar negeri.

Baca Juga: Prabowo Subianto Nyatakan Siap Menjadi Calon Presiden 2024, Jadi Sorotan Media Asing

''Transformasi Ini harus segera kita lakukan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama demi bisa berobat,'' kata Wamenkes.

Halaman:

Editor: Martinus Yenn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Sebut Anies Baswedan Figur Nasionalis Religius

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
X