• Rabu, 5 Oktober 2022

Indonesia-Iran Perkuat Hubungan Kerja Sama Bidang Tekonologi dan Kesehatan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 20:51 WIB
Ilustrasi Bendera Iran (pixabay/jorono)
Ilustrasi Bendera Iran (pixabay/jorono)

STRATEGI.ID-Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh menerima Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad. Dalam pertemuan bilateral ini, kedua belah pihak saling berbagi informasi dan memperkuat hubungan ekonomi, lebih khusus di bidang teknologi dan kesehatan.

Menurut Ninik, sapaan akrabnya, Iran merupakan negara yang mandiri, mampu memenuhi segala macam kebutuhan dalam negerinya.

"Jadi, selama ini hubungan kita dengan Iran mulai dari soal ekonomi dan juga teknologi kesehatan juga sudah terbangun. Tadi juga disampaikan bahwa kita sudah membeli beberapa peralatan dari Iran. Iran adalah negara yang cukup mandiri dalam hal kesehatan mereka sudah punya vaksin sendiri dan mereka mempunyai alat yang bisa digunakan untuk robotic telemedicine yang sekarang kita pakai di sepuluh puskesmas yang ada di Bandung dan Yogyakarta," papar Ninik di Ruang Tamu Dubes, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

 Baca Juga: Manajer Arema FC Menyayangkan Ulah Oknum Yang Merugikan Tim di Liga 1 Indonesia

Bahkan Iran bersama dengan Pertamina sudah menjalin hubungan secara ekonomi, dan pada tahun 2021 hubungan ekonomi Indonesia-Iran naik cukup signifikan.

"Kita berharap sebenarnya dengan kunjungan ini kita bisa menindaklanjuti banyak hal termasuk soal kesehatan dan teknologi. Sebenarnya kita sempat berpikir waktu itu soal perfilman, karena kalau kita melihat film-film Iran selalu menjadi film-film yang punya aroma perjuangan karena mungkin histori negara mereka," ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Menurut Ninik, Iran merupakan negara menarik, di tengah embargo yang luar biasa Iran bisa survive. Iran punya spirit perjuangan dalam kondisi yang tertekan, tidak menjadikan Iran lemah tetapi menjadi kreatif dan mandiri.

Meskipun Iran tidak bisa mengambil barang-barang dari luar negeri namun kondisi tersebut bisa memicu Iran untuk kreatif, sehingga memunculkan sendiri obat-obatan dari hasil penelitian dan teknologinya juga luar biasa.

 Baca Juga: Kapten Persib Bandung Mengungkapkan Rasa Syukurnya Usai Menang Hadapi PSIS Semarang

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Sebut Anies Baswedan Figur Nasionalis Religius

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
X