• Rabu, 5 Oktober 2022

Tidak Hanya Dilingkungan Kampus, Kini Sekolah Menjalar Pungli

- Jumat, 23 September 2022 | 10:56 WIB
Ilustrasi pungli di sekolah negeri. Foto: Istimewa
Ilustrasi pungli di sekolah negeri. Foto: Istimewa

STRATEGI.ID - Pungli kini menjalar di lingkungan sekolah negeri berkedok sumbangan, kejadian itu di salah satu sekolah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (23/9/22)

Anggota DPR RI Fahmi Alaydroes langsung menanggapi kejadian yang tidak terpuji itu.

“Kalau dikaitkan dengan berapa besar sumbangan, jadi tidak fair. Maka akan menjadi sangat tidak adil bagi  orang tua yang tidak memiliki kemampuan yang cukup. Akhirnya terjadi persaingan yang tidak sehat. Jadi yang punya uang, yang berkesempatan. Ini tidak fair,” ungkap Fahmi kepada rekan media

Baca Juga: Kini Giliran Jusuf Kalla Komentari Isu 3 Periode Masa Jabatan Jokowi, Bagaimana Tanggapannya ?

Ia menilai, dunia pendidikan itu harus dimulai dengan segala sesuatu yang positif, jujur, dan disiplin terhadap berbagai macam aturan kebijakan. Sehingga jikalau kemudian pungli ini  terjadi ketika calon siswa mau masuk sekolah, berarti akan muncul saling berkompetisi.

“Kemudian kompetisi ini di apa didikaitkan dengan berapa besar uang yang diberikan? Ini menjadi  sesuai  yang  sangat-sangat di sayangkan. Pendidikan basisnya harus moralitas, harus punya integritas terhadap segala macam yang  positif,” tegasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, pemerintah  sendiri sudah mengalokasikan anggaran kepada sekolah melalui BOS (Biaya Operasional Sekolah). Sehingga, secara apa secara prinsip operasional sekolah  tersebut sudah dibiayai oleh negara.

Baca Juga: Apa Itu Melukat? Ritual Bali yang Dijalani Ariel Tatum

“Termasuk segala halnya, sarana prasarana, gaji guru segala macam, sudah di-back up (negara). (Sekolah) mau apalagi begitu?” tanya Fahmi.

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Sebut Anies Baswedan Figur Nasionalis Religius

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
X