• Minggu, 4 Desember 2022

Pemberontakan PKI Madiun Melalui Propaganda Anti Pemerintah hingga Mogok Kerja Buruh

- Jumat, 30 September 2022 | 09:10 WIB
Peristiwa PKI Madiun 1948 sangat merugikan keutuhan bangsa Indonesia beberapa tokoh Negara tewas ditangkap dan ditembak sampai pada akhirnya Madiun dapat dikuasai lagi oleh RI setelah beberapa usaha digencarkan. ( (Wikipedia))
Peristiwa PKI Madiun 1948 sangat merugikan keutuhan bangsa Indonesia beberapa tokoh Negara tewas ditangkap dan ditembak sampai pada akhirnya Madiun dapat dikuasai lagi oleh RI setelah beberapa usaha digencarkan. ( (Wikipedia))

STRATEGI.ID - Sebelum tragedi 30 September 1965 yang sering banyak di dengar oleh masyarakat, ternyata pada tahun 1948 PKI telah memulai gerakannya yaitu Pemberontakan PKI Madiun.

Peristiwa yang terjadi 18 September 1948 atau yang disebut Pemberontakan PKI Madiin itu merupakan peristiwa pertama setelah Indonesia merdeka.

Lantas apa penyebab Pemberontakan PKI Madiun itu ?

Gerakan ini dipimpin oleh Amir Sjarifuddin dan Muso, yang dimulai pada pertengahan tahun 1948 dan berpusat di Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga: Gerakan Pertama Pemberontakan PKI di Madiun, Berikut Sejarahnya

Pemberontakan PKI Madiun dilatarbelakangi sejumlah faktor, yang salah satunya karena jatuhnya Kabinet Amir Sjarifuddin pada masa pemerintahan Presiden Soekarno akibat ditandatanganinya perjanjian Renville.

Amir Sjarifuddin memilih sebagai oposisi, setelah tidak lagi menjadi Perdana Menteri. Dia membentuk organisasi politik oposisi, tergabung dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR), sebagaimana diberitakan Pikiran-rakyat.com dengan judul Sejarah Hari Ini: Pecahnya Pemberontakan PKI Madiun 1948, Berawal dari Propaganda Anti Pemerintah yang Sah

Dari sana, golongan oposisi ini melancarkan serangan 'adu domba' terhadap organisasi pendudukung pemerintah, Gerakan Revolusi Rakyat (GGR), sehingga timbul konflik di dalam masyarakat karena adanya dua aliran politik yang saling bertentangan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari ini 30 September 2022, Cancer Leo dan Virgo

Halaman:

Editor: Ilwan Nehe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Garut, BNPB: Empat Rumah dan Satu Sekolah Rusak

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:35 WIB

Getaran Gempa Garut Sangat Kuat, Warga Seperti Diayun

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:16 WIB

Gempa di Garut 6.4 SR Dirasakan hingga Yogyakarta

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:07 WIB
X