• Minggu, 4 Desember 2022

Pemerintah Jamin Ketersediaan BBM, Khususnya Jenis Pertalite

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:05 WIB
Pemerintah menjamin mutu dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (Ist)
Pemerintah menjamin mutu dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (Ist)

STRATEGI.ID - Pemerintah menjamin mutu dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Masyarakat diminta tidak khawatir karena Pemerintah telah melakukan pengujian secara teknis terkait standar dan mutu BBM khususnya jenis Pertalite.

Pemerintah juga telah menetapkan penambahan kuota BBM menjadi 17,83 juta kiloliter untuk Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT) Solar dan 29,91 juta kiloliter untuk Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite per 1 Oktober 2022. Jumlah ini akan mencukupi kebutuhan masyarakat sampai dengan akhir tahun.

Baca Juga: Rizky Billar akan Diperiksa Polisi atas Dugaan KDRT

Penegasan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dan Kepala BPH Migas Erika Retnowati di Jakarta, Selasa (4/10/22).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menjelaskan, terkait adanya isu BBM jenis Pertalite menjadi lebih boros pasca penyesuaian harga, Pemerintah telah meminta LEMIGAS untuk melakukan pengujian secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Sampel BBM jenis Pertalite telah diambil langsung oleh Tim LEMIGAS pada beberapa SPBU di Jakarta. Terhadap sampel BBM tersebut, selanjutnya dilakukan pengujian untuk mendapatkan kepastian mutu.

Untuk tahap awal, saat ini telah diambil sampel BBM jenis Pertalite di 6 SPBU di wilayah Jakarta yaitu SPBU Lenteng Agung, SPBU di Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter dan SPBU di S. Parman.

Baca Juga: Nasdem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024, PDIP DKI: Silahkan Tunaikan Tugasnya Dulu dengan Baik

“Sampel BBM Pertalite tersebut kemudian diuji di Balai Besar Pengujian Migas LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas. Dengan prosedur dan standar pengujian yang baku untuk 19 parameter uji,” papar Tutuka.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Terkini

Gempa Garut, BNPB: Empat Rumah dan Satu Sekolah Rusak

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:35 WIB

Getaran Gempa Garut Sangat Kuat, Warga Seperti Diayun

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:16 WIB

Gempa di Garut 6.4 SR Dirasakan hingga Yogyakarta

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:07 WIB
X