• Minggu, 4 Desember 2022

Kabar Gembira Masa Berlaku Paspor saat Ini Jadi 10 Tahun, Simak Mekanisme, Syarat dan Biaya Terbaru

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:16 WIB
Ini syarat-syarat untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi (Sinarto)
Ini syarat-syarat untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi (Sinarto)

STRATEGI.ID - Membuat paspor saat ini tidak lagi sulit dengan biaya yang sangat mahal dan sulit seperti dahulu aplagi anda mengunakan jasa calo yang sangat mahal.

Sebelum membuat paspor sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mekaniosme dan proses kerja pembuatan paspor yang saat ini berlaku.

Setelah itu siapkan praysarat umum dan khusus yang wajib anda siapkan dalam membuat paspor.

Kabar gembira juga anda perlu ketahui masa pembuatan paspor yang awalnya 5 tahun sekarng menjadi 10 tahun jadi anda tidak pelu berulang kali memperpanjang karena waktu yang sangat panjang.

Baca Juga: Siapkan Payung, BKMG Prediksi Kota Bandung Rabu 5 Oktober 2022 akan Hujan Disertai Petir hingga Malam Hari

Direktorat Jenderal Imigrasi memastikan siap mengimplementasikan aturan baru tentang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun yang sangat berorentasi memudahkan dan meringankan beban masyarakat.

Aturan baru Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022 yang diundangkan di Jakarta pada Kamis 29 September 2022 tepatnya pada Pasal 2A memuat tentang lamanya waktu perpanjangan paspor.

"Berlakunya aturan baru ini mungkin sudah ditunggu oleh masyarakat, Alhamdulillah sekarang sudah disahkan. Di sisi lain, saat ini kami sedang mempersiapkan petunjuk teknis di kantor imigrasi serta infrastruktur kesisteman untuk mengimplementasikan aturan tersebut. Oleh karena itu, kami mohon pengertian dari masyarakat. Apabila sudah siap pasti segera kami informasikan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana dalam siaran pers Nomor: SP/IMI/009/2022/01 pada Selasa 4 Oktober 2022.

Baca Juga: Memahami Politisi Pragmatis dan Negarawan

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Garut, BNPB: Empat Rumah dan Satu Sekolah Rusak

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:35 WIB

Getaran Gempa Garut Sangat Kuat, Warga Seperti Diayun

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:16 WIB

Gempa di Garut 6.4 SR Dirasakan hingga Yogyakarta

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:07 WIB
X