• Senin, 20 September 2021

Presiden Jokowi Sambut Baik Pertemuan Kim Trump

- Jumat, 15 Juni 2018 | 09:10 WIB
Jokowi Sambut baik pertemuan Kim dan Trump ( Foto: Biro Pers Setpres/is)
Jokowi Sambut baik pertemuan Kim dan Trump ( Foto: Biro Pers Setpres/is)

Strategi.id - Pertemuan yang ditunggu-tunggu antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Presiden Republik Rakyat Demokratik Korea Kim Jong-un berlangsung di Singapura, Selasa kemarin.

Jokowi dalam akun facebook nya mengatakan bahwa "Indonesia menyambut baik pertemuan itu, juga mendukung berlangsungnya KTT Amerika Serikat dan Korea Utara". "Kita berharap hasil KTT ini dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian, baik di kawasan semenanjung Korea, di kawasan kita, maupun bagi perdamaian dunia".ujar Presiden Republik Indonesia dalam pernyataan resminya.

Dalam pertemuan antara Kim dan Trump disepakati beberapa kesepakatan antaranya :

1. Pembentukan hubungan baru AS-Republik Demokratik Rakyat Korea

Presiden Amerika Serikat Donald J Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un Kim Jong-Un menggelar KTT pertama, bersejarah di Singapura. Dalam pertemuan itu AS dan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) berkomitmen untuk membentuk hubungan baru AS-DPRK sesuai keinginan rakyat kedua negara akan perdamaian dan kemakmuran.


2. Membangun perdamaian abadi dan stabil

Hari ini dunia menyaksikan pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hotel Capella, Singapura keduanya sepakat akan menggabungkan upaya-upaya mereka untuk membangun perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.


3. Tegaskan kembali Deklarasi Panmunjom

Kim dan Trump di Hotel Capella, Singapura pada Selasa (12/6) menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018 lalu, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi penuh Semenanjung Korea.


4. Berkomitmen temukan jasad para tahanan perang

AS dan DPRK berkomitmen untuk menemukan jasad-jasad para tahanan perang/yang hilang dalam tugas, termasuk pemulangan segera jasad-jasad yang telah teridentifikasi.


Presiden Kim dan Trump juga berkomitmen untuk mengimplementasikan ketentuan dalam pernyataan bersama ini secara lengkap dan cepat.

Editor: Danar Priyantoro

Tags

Terkini

Difitnah, Youtuber Atta Halilintar Lapor Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X